MENELISIK KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL MELALUI POTRET SIRAH NABAWIYAH

  • Mardhiya Agustina
  • Siti Fatimah Institut Agama Islam (IAI) Darussalam Martapura
Keywords: Pendidikan Islam, Pendidikan Multikultural, Sirah Nabawiyah

Abstract

Indonesia sebagai negara majemuk dengan keberagaman suku, agama, ras dan budaya memiliki kemiripan dengan kondisi yang dihadapi Rasulullah SAW saat berdakwah di tanah Arab. Penelusuran melalui sirah nabawiyah terkait konsep pendidikan multikultural yang telah beliau terapkan merupakan hal yang urgen jika melihat kondisi saat ini dimana perlu adanya eksplorasi lebih dalam tentang konsep ideal pendidikan Islam multikultural bagi dunia pendidikan Indonesia demi mecegah perpecahan dan menjaga kesatuan dalam kemajemukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan data dari kitab sirah nabawiyah karya Syeikh Shafiyurrahman Al-Mubarakfuri, kemudian menganilis dan menyimpulkannya. Penelitian ini menemukan 3 konsep pendidikan Islam multikultural ala Rasulullah SAW., yaitu: (1) konsep toleransi beragama, yang meliputi: toleransi hidup berdampingan, saling menyayangi, menciptakan aturan yang tidak memihak, mencintai dan menghormati di dalam perbedaan; (2) konsep kesamaan, yang meliputi: persamaan derajat, hak asasi, solidaritas; (3) konsep keadilan, yang meliputi: melaksanakan hak dan kewajiban, merawat keseimbangan antara hak dan kewajiban, membela keadilan. Konsep ini dapat dijadikan acuan dalam pengimplementasian pendidikan Islam multikultural.
Published
2024-07-15
How to Cite
Agustina, M., & Fatimah, S. (2024, July 15). MENELISIK KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL MELALUI POTRET SIRAH NABAWIYAH. FIKRUNA: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 6(2), 127-140. https://doi.org/https://doi.org/10.56489/fik.v7i2.148