PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, dengan presentase ketuntasan 43% dari jumlah siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata setelah digunakannya metode pembelajaran Small Group Discussion. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh yaitu penggunaan metode Small Group Discussion dalam pelajaran dimulai dengan pelaksanaan yang terdiri dari penyampaian tujuan pembelajaran, menerangkan kepada siswa mengenai metode pembelajaran Small Group Discussion, membentuk kelompok secara acak, memulai kegiatan diskusi dengan waktu yang ditetapkan, mengintruksikan kepada setiap kelompok untuk menyajikan hasil diskusinya, menyimpulkan hasil pembelajaran, dan terakhir guru melakukan penilaian; kemudian Penggunaan metode pembelajaran Small Group Discussion untuk meningkatkan hasil belajar siswa memperoleh peningkatan pada setiap siklusnya, persentasi ketuntasan pada siklus I yaitu 62%, dan siklus II menjadi 90,4%. Dari hasil penelitian tindakan yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Small Group Discussion dapat meningkatkan hasil belajar siswa .References
Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
____________________, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Ghufron, Nur dan Rini Risnawati, Gaya Belajar: Kajian Teori, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengaja,. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Husni, Desma, Psikologi Sekolah, Pekan Baru: Al-Mujtahadah Press, 2012.
Imam alhikmah, Pembelajaran Inovatif Membangkitkan Motivasi Mengajar dan Belajar, 2010.
Isjoni, Cooperative Learning. Bandung, Alfabeta, 2010.
Ismail, SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Rosail Media Group, 2009.
Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.
Ladjid, Hafni, Pengembangan Kurikulum Menuju Kurikulum Berbasis Kompetensi, Quantum Teaching, 2005.
Muliawan, Jasa Ungguh, Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Gava Media, 2010.
Mundandar, Utami, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2012.
Naufal, Nur Soimah, Implementasi Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Fikih Peserta Didik. Ibtida: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, Vol. 2, No. 2, 2022,
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010.
Sabri, Ahmad, Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching, Jakarta: Quantum Teaching, 2005.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Subroto, Suryo, B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: CV. Sinar Baru, 1989.
Suprijono, Agus, Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2013.
Supriyanto, Didik, Penerapan Model Pembelajaran Small Group Discussion Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Dunia Tumbuhan dan Dunia Hewan, FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang, Vol. 2, No. 1, 2017.
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja grafindo Persada, 2003.
Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
____________________, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Ghufron, Nur dan Rini Risnawati, Gaya Belajar: Kajian Teori, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengaja,. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Husni, Desma, Psikologi Sekolah, Pekan Baru: Al-Mujtahadah Press, 2012.
Imam alhikmah, Pembelajaran Inovatif Membangkitkan Motivasi Mengajar dan Belajar, 2010.
Isjoni, Cooperative Learning. Bandung, Alfabeta, 2010.
Ismail, SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Rosail Media Group, 2009.
Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.
Ladjid, Hafni, Pengembangan Kurikulum Menuju Kurikulum Berbasis Kompetensi, Quantum Teaching, 2005.
Muliawan, Jasa Ungguh, Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Gava Media, 2010.
Mundandar, Utami, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2012.
Naufal, Nur Soimah, Implementasi Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Fikih Peserta Didik. Ibtida: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, Vol. 2, No. 2, 2022,
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010.
Sabri, Ahmad, Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching, Jakarta: Quantum Teaching, 2005.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Subroto, Suryo, B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: CV. Sinar Baru, 1989.
Suprijono, Agus, Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2013.
Supriyanto, Didik, Penerapan Model Pembelajaran Small Group Discussion Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Dunia Tumbuhan dan Dunia Hewan, FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang, Vol. 2, No. 1, 2017.
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja grafindo Persada, 2003.
Published
2024-07-15
How to Cite
mardani, M., & Nurhidayah, N. (2024, July 15). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION. FIKRUNA Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 6(2), 102-126. https://doi.org/https://doi.org/10.56489/fik.v7i2.151
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.