KONSEP PENDIDIKAN MENURUT AL-GHAZALI

  • Annisa Rasyidah Dosen UIN Antasari Banjarmasin
Keywords: pendidikan, al-ghazali

Abstract

Pendidikan adalah sebuah aktvitas yang sangat penting sebagai upaya
dalam mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia melalui transfer ilmu pengetahuan, keahlian dan nilai-nilai kehidupan guna membekali anak didik menuju kedewasaan dan kematangan pribadinya. Mengingat pentingnya pendidikan, maka diperlukan upaya yang serius, sistematis,melembaga dan berkelanjutan2 dari seluruh pihak sebagai upaya mempersiapkan anak bangsa menuju kehidupan bangsa yang lebih sejahtera, maju dan beradab.
Pendidikan yang baik merupakan modal utama dalam kemajuan peradaban manusia, terutama dalam hal pengembangan nilai-nilai yang normatif, sehingga pendidikan tidak hanya menciptakan manusia-manusia yang pintar akan tetapi juga makhluk pribadi dan makhluk sosial.
Seperti yang kita tahu al-Ghazali adalah tokoh pemikir Islam yang tak
kalah tersohornya di dunia Islam maupun Barat, beliau merupakan salah satu tokoh Muslim yang pemikirannya sangat luas dalam bidang keilmuan, termasuk bidang pendidikan. Selain itu beliau sebagai salahsatu orang yang paling menentukan jalannya sejarah Islam dan bangsa-bangsa Muslim. Bahkan, dalam bidang pemikiran dan peletakan dasar ajaran-ajaran Islam
Sebagai aktifitas yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pembinaan kepribadian, tentunya pendidikan Islam memerlukan landasan kerja untuk memberikan arah bagi programnya. Sebab dengan adanya dasar juga berfungsi sebagai sumber peraturan yang akan diciptakan dan sebagai pegangan langkah pelaksanaan dan sebagai jalur langkah yang menentukan arah usaha dalam
dunia pendidikan.

References

Al-Ghazali.1939. Ihya’ al Ulum ad-Din. Kairo: Musthafa al-Babi al-Halabi
Alwizar. 2015. Januari-Juni. Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali, dalam Jurnal
Potensial, Vol. 14. No. 1.
Arifin. 1991. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Arifin, Muzayyin. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Assegaf, Abd. Rachman. 2013. Aliran Pemikiran Pendidikan Islam: Hadharah
Keilmuan Tokoh Klasik Sampai Modern, Jakarta: Rajawali Pers.
Djalaludin dan Usman Said. 1994. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Raja
Grafindo.
Ibnu Rusn, Abidin. 2009. Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Madjid, Nurcholish. 1998. Islam Kemodernan dan Keindonesiaan. Bandung:
Mizan.
Nata, Abuddin. 2005. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama.
Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, teoritis dan
Praktis, Jakarta: Ciputat Pers.
Ramayulis dan Samsul Nizar. 2008. Ensiklopedia Tokoh Pendidikan Islam,
Ciputat: Quantum Teaching.
Solichin, Mohammad Muchlis. 2006. Belajar dan Mengajar dalam Pandangan
al-Ghazali, dalam Jurnal Tadris. Vol. 1.No. 2.
Zainuddin, dkk. 1991. Seluk Beluk Pendidikan dari al-Ghazali, Jakarta: Bumi
Aksar
How to Cite
Rasyidah, A. (11). KONSEP PENDIDIKAN MENURUT AL-GHAZALI. FIKRUNA Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 2(2), 1-14. https://doi.org/https://doi.org/10.56489/fik.v2i2.16