IMPEMENTASI KETERAMPILAN MENGAJAR PADA PRAKTIK MICRO TEACHING MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Hajriana Hajriana IAIN Samarinda
Keywords: keterampilan mengajar, pembelajaran mikro (micro teaching), mahasiswa calon guru, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Praktik micro teaching menjadi wadah dalam berlatih dan mengembangkan keterampilan mengajar bagi mahasiswa calon guru. Mahasiswa dituntut untuk menguasai delapan keterampilan mengajar mulai dari membuka hingga menutup pembelajaran. Namun pada praktiknya, mahasiswa calon guru masih belum siap untuk mengajar pada pembelajaran nyata (real teaching). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi pelaksanaan delapan keterampilan mengajar mahasiswa pada praktik micro teaching. Penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan observasi, check list, dan dokumentasi. Data dianalisis mengikuti langkah-langkah analisis Cresswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa delapan keterampilan mengajar guru telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada praktik micro teaching. Namun, belum melaksanakan seluruh komponen di setiap keterampilan tersebut, dan pelaksanaannya pun belum sepenuhnya sesuai dengan kriteria yang ada.

References

Brown, George. Micro Teaching Programme of Teaching Skills. London: Butlen Tanner Ltd., 1975.
Buseri, Kamrani. Dasar, Asas, Dan Prinsip Pendidikan Islam. Banjarmasin: IAIN Antasari Press, 2017.
Fitriani, Jatul, and Siti Zulpa Zahra. “Problematika Mahasiswa Calon Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Micro Teaching Di STIQ Amuntai.” Diajar: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 3 (2022): 259–67.
Fitriyah, Lina Arifah, Hayati Nur, Af’idah Noer, and Oktaffi Arinna Manasikana. “Keterampilan Membuka Dan Menutup Pelajaran Mahasiswa Calon Guru IPA Dalam Pelaksanaan Praktik Mengajar.” Jurnal Simki Pedagogia 7, no. 1 (2024): 24–31.
Helmiati. Micro Teaching: Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2013.
Mulyani, Heni, Imas Purnamasari, and Fuji Rahmawati. “Analisis Kesiapan Mengajar Program Pengalaman Lapangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Melalui Pembelajaran Mikro.” Jurnal Pendidikan, Akuntansi, Dan Keuangan 7, no. 2 (2019): 147–56.
Ngazizah, Nur, Dhiana Safitri, and Arif Syaiful Hadi. “Evaluasi Keterampilan Mengajar Mahasiswa PGSD Semester VI Pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Tahun Akademik 2018/2019.” In The 10th University Research Colloqium. Gombong: Urecol, 2019.
Syahdila, Intan, Qisthina Hasibuan, Silvia Anggraini, Intan Wahyuni, and Fauziah Nasution. “Pembelajaran Mikro Dalam Mengembangkan Kreativitas Mengajar Guru RA (Raudhatul Athfal).” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 2 (2023): 5797–5812.
’Ulwan, Abdullah Nashih. Tarbiyatul Aulad Fil Islam: Pendidikan Anak Dalam Islam Terj. Solo: Penerbit Insan Kamil, 2020.
Wallace, Michael J. Training Foreign Language Teachers. Cambridge: Cambridge University Press, 1995, 1995.
Wulandari, Viona Dwi and Wirdati. “The Effect of Microteaching Lectures in Improving Nine Basic Teaching Skills for University Students.” Ahlussunnah: Journal of Islamic Education 3, no. 1 (2024): 2827–9573.
Published
2024-07-15
How to Cite
Hajriana, H. (2024, July 15). IMPEMENTASI KETERAMPILAN MENGAJAR PADA PRAKTIK MICRO TEACHING MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. FIKRUNA Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 6(2), 86-101. https://doi.org/https://doi.org/10.56489/fik.v7i2.160