KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM MAKALAH MAHASISWA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan tanda baca dalam makalah mahasiswa mata kuliah bahasa Indonesia semester 1 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (TBI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd, Tanah Grogot. Subjek dalam penelitian
ini adalah 13 mahasiswa TBI semester 1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berupa studi kasus. Kesalahan yang terdapat dalam makalah berupa penulisan kalimat yang tidak diakhiri tanda titik, penulisan kalimat majemuk yang tidak menggunakan tanda koma,
penulisan kalimat tunggal yang harus diberi tanda koma, penulisan kalimat perincian yang penggunaan tanda komanya kurang, penulisan subbab menggunakan tanda titik, dan penulisan tanda petik dua tidak sesuai dengan tujuannya.
References
Oxford University Press.
Indihadi, D. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa
dan Sastra Indonesia.Bandung: UPI Press.
Keraf, G. 1978. Komposisi. Flores: Nusa Indah.
40
Mahmud, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka
Setia.
Setyawati, N. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan
Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sutopo, H. B. 2006.Metodelogi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan
Terapanya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Arifin, Z.&Tasai, S.A.. 2004. Cermat Berbahasa Indonesia untuk
Perguruan Tinggi. Jakarta: Akapres