BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN ISLAM

  • Husin Husin Dosen STIQ Amuntai
  • Mardhiya Agustina Dosen STAI Darussalam Martapura
Keywords: Konseling, Library Research, Tasawuf

Abstract

Tujuan paling penting dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana bentuk dan peran apa yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang terlibat dalam kegiatan bimbingan dan konseling. Jenis penelitian yang diambil peneliti adalah library research atau studi pustaka yang kemudian dianalisis menggunakan content analysis guna mengungkapkan makna bimbingan konseling secara Islami. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa bimbingan konseling bisa saja juga menggunakan pendekatan langkah-langkah takhalli, tahalli dan tajalli yang sering digunakan dalam dunia tasawuf. Tujuan paling akhir dari bimbingan konseling yang dilakukan dalam pendidikan Islam adalah agar tumbuh kesadaran yang mendalam terkait dengan keberadaannya sebagai hamba Allah yang eksistensinya bukan hanya sebagai ‘Abdullah melainkan juga sebagai khalifatullah yang nantinya akan dituntut pertanggung jawabannya.

References

Alusy, Syaikh Shalih bin Abdul Aziz. 2011. Tafsir Al-Muyassar, diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Izzudin Karimi, Habiburrahim dan Ahmad Saikhu. Solo : An-Naba’.

Amin, Samsul Munir. 2010. Bimbingan Dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.

Effendi, Mohamad. 2006. Pengantar Pedagogik Anak Berkelainan. Jakarta :

Bumi Aksara.

Farid, Achmad. 2015. ‚Model Bimbingan Konseling Islami Anwar Sutoyo Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja,‛ Konseling Religi : Jurnal Bimbingan Konseling Islam Vol.6, No. 2 Hadis, Abdul. 2006. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Austistik. Bandung : Alfabeta.

Hadis,Abdul. 2006. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Austistik. Bandung :

Alfabeta.

Hallen A. 2002. Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Ciputat Pers.

Jeanette. Dasar-Dasar Konseling. 2006. Jakarta: UI Press.

Mohamad Effendi, Pengantar Pedagogik Anak Berkelainan. Jakarta : Bumi Aksara, 2006.

Nata, Abuddin. 2002. Tafsir ayat-Ayat Pendidikan (Tafsir Al-Ayat Al-Tarbawiy). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nuraini, Helma. 2016. Strategi Spiritual Dalam Konseling Islami Pengintegrasian Konseling Kontemporer dengan Konseling Islami‛ (Internatinal Conference ‚Islamic University : Distictions and Contributions‛ held by UIN Antasari Banjarmasin August 9-11 at hotel Aria Barito.

Prayitno, Erman Amti. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta:

Rineka Cipta.

Syaik, Syaikh Shalih bin Abdul Aziz Alusy. 2011. Tafsir Al-Muyassar, diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Izzudin Karimi, Habiburrahim dan Ahmad Saikhu. Solo : An-Naba’.

Sukardi, Dewa Ketut. Desak P. E. Nila Kusumawati. 2008. Proses Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel,W.S. M.M. Sri Hastuti. 2006. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, Syamsu, A. Juntika Nurihsan. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zainal, Isep. Arifin. 2009. Bimbingan Penyuluhan Islam. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Published
2019-11-06
How to Cite
Husin, H., & Agustina, M. (2019, November 6). BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN ISLAM. FIKRUNA, 1(1), 15-37. https://doi.org/https://doi.org/10.56489/fik.v1i1.2