PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QIRO’ATI DI TPQ AL-JIHAD KETAPANG TAHUN 2024

  • Iwan Iwan STAI Al-Haudl Ketapang
Keywords: Metode Qiro’ati, Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an.

Abstract

This research is a field study aiming to examine the preparation, implementation, and challenges in teaching Quranic reading using the Qiro'ati method at TPQ Al-Jihad Ketapang. The data collection methods employed in this study include observation, interviews, and documentation. Data analysis was conducted through four stages: data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study show that: The preparation for teaching Quranic reading using the Qiro'ati method at TPQ Al-Jihad Ketapang is well-organized, as observed from the teaching preparation carried out by the teachers, such as muraja’ah (review) and ice-breaking activities. The implementation of Quranic reading lessons using the Qiro'ati method at TPQ Al-Jihad Ketapang runs effectively, as shown in the following steps: a. Habit formation. b. Opening activities, which include: 1) greeting, 2) student clapping rhythm (tepuk santri), 3) reciting Surah Al-Fatihah and the prayer before studying, and 4) repetition of readings.  c. Core activities consist of: 1) guided reading (baca simak) led by the teacher and 2) student practice in front of the teacher. d. Closing activities involve reciting the khotmil Qur'an prayer, kafaratul majlis prayer, and shalawat busyro. The challenges in teaching Quranic reading using the Qiro'ati method at TPQ Al-Jihad Ketapang can be categorized into internal and external challenges: a. Internal challenges include a lack of understanding of Tajweed rules and students who are not yet familiar with Arabic letters (huruf hijaiyah). b. External challenges include the lack of parental support, limited use of teaching media, and low enthusiasm among students during lessons.

References

Abdul Fattah Az-Zawawi, Yahya, Revolusi Menghafal Al-Qur’an, Solo: Insan Kamil, 2010.

Abdul Muqit, Ade & Maskur, Abu, Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di PAUD Ad-Din Cirebon), Jurnal El Athfal, Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, Vol, 1, No.2, Tahun 2021.

Abror, Indal, Metode Pembelajaran Al-Qur’an, Yogyakarta: SUKA-Press, 2022.

Adi Santoso, Subhan, Implementasi Metode Iqra’ Dan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Al-falah Modung Bangkalan, Jurnal Pendidikan Islam Annaba, Vol. 4, No. 1, Maret 2018.

Ardy Wiyani, Novan, Desain Pembelajaran Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Arifani, Yunita, Penerapan Metode Qiroati dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini, Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UNSIQ, Wonosobo, 2018.

Asmuni, M. Yusran, Dirasah Islamiyah I (Pengantar Studi Alquran Hadits Figh dan Pranata
Sosial), Jakarta: PT. Raja Grafindo, 1997.

Ahmad Rohani. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta 2014.

Anita, Rica & Himmawan, Didik, Efektivitas Metode Qiroati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri TPQ Hidayatul Ihsan Sindang Indramayu, Jurnal Islamic Pedagogia, Vol. 2, No. 2, September 2022.

Arikunto, Suharsimi, Tentang Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluative, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 1986.

Alwi, Hasan, dkk., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Azman, Zainal, Pengelolaan Kelas dalam pembelajaran, Jurnal Edification, STAI Bumi Silampari Lubuklinggau, Vol. 2, No. 2, Januari 2020.

Azzahra, Lutfiyyah & Irawan, Dodi, Pentingnya Mengenalkan Al-Qur’an Sejak Dini Melalui Pendidikan Agama Islam, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No.1, Februari 2023.

Dumaria, Liana dan Edi Gunanto, Yohanes, Pentingnya Persiapan Guru Dalam Pengajaran Di Sekolah Swasta Kristen Banjar Agung Lampung, Jurnal Pengembangan Pembelajaran dan Riset Fisika, Universitas Pelita Harapan, Vol. 2, No.1, Tahun 2023.

Dony Purnama, Muhammad, Dkk., Implementasi Metode Pembelajaran Al-Quran Bagi Santri Usia Tamyiz Di Kuttab Al-Fatih Bantarjati Bogor, Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, Vol.1, No. 01, Tahun 2018.

Dwi Haryati, Fini, dkk., Implementasi Ice Breaking Sebagai Pematik Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI, Jurnal Al-Ilmi UIN KH. Abdurrohman Wahid, Vol. 4, No. 1, Tahun 2023.

Hariroh, Nur & Olvia Novitasari, Delfi, Meningkatkan Pemahaman Tentang Ilmu Tajwid kepada Anak-Anak di Desa Sumberrejo Kec. Batanghari kab. Lampung Timur, Jurnal Moderasi Beragama dan Kebudayaan Islam Moderatio, Vol. 1, No. 1, Tahun 2021.

Hasan, Soleh & Wahyuni, Tri, Kontribusi Penerapan Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Secara Tartil, Jurnal Pendidikan Islam Al-I’tibar, Vol. V, No. 1, Februari 2018.

Ika Riyani, Winda, Pengelolaan Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran, Jurnal Ta’dib: Jurnal Penidikan Islam dan Isu-isu Sosial, Vol.21, No. 1, Juni 2023.

Ilyas, M., Metode Muraja’ah Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an, Jurnal Pendidikan Islam Al-Liqo, Vol. V, No.1, Tahun 2020.

Kadri, Pentingnya Pengelolaan Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran, Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Keislaman Bidayah, Vol.9, No. 1, Juni 2018.

Masykur & Solekhah, Siti, Tafsir Qur’an Surat Al-Alaq Ayat 1-5 (Perspektif Ilmu Pendidikan), Jurnal Studi Keislaman Wasathiyah, Vol. 2, No.2, Juli 2021.

Metti Budiati, Yulia & Muhadi, FX., Pengaruh Dukungan Orang Tua Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Lintas Minat) Di Sma Negeri 1 Kalasan, Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Vol. 15, No. 2, Juni 2022.

Moh. Nazir, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2009.

M. Yusuf, Kadar, Tafsir Tarbawi : Pesan-pesan Al-Qur‟an tentang Pendidikan, Jakarta:
Amzah, 2015).

Muharrir, dkk., Penggunaan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang, Jurnal Pendidikan Islam Al-Ishlah, IAIN Parepare, Vol. 20, No. 2, Desember 2022.

Mulyani, Hetty & Maryono, Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an, Jurnal Paramurobi, Vol. 1, No. 2, Tahun 2018.

Murjito, Imam, Pedoman Praktis Metode Qiroqti, dalam Skripsi Ihsan Perdana Febri, Pembelajaran Baca Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Qiro’ati Di RA Baipas Roudlotul Jannah Malang, UIN Malang Tahun 2019.

Muzakkir, Keutamaan Belajar dan Mengajarkan Al-Qur’an (Metode Maudlui’ dalam Perspektif Hadits), Jurnal Lentera Pendidikan, Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan UIN Alauddin Makassar, Vol. 18, No. 1. Tahun 2015.

Rahardjo, M. Dawam, “Ensiklopedi Al- Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep -Konsep Kunci, Jakarta: Paramadina, 2002.

Ridwan Nuril, Fauzi, , Penerapan Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Roudhotul Tholibin Dau Malang, dalam Jurnal Religion Education Social laa Roiba Journal, Volume 3, Nomor 1, Tahun 2021.

Rizalludin, Azis, Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahsin dan Tahfiz Al-Qur’an, Jurnal Khazanah Pendidikan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Vol.1, No. 1, Tahun 2021.

Rusman, Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta : Pranadamedia Grup. 2018.

Sadiah, Dkk., Implementasi Model Pembelajaran dalam Memberantas Buta Huruf Al- Qur’an di Majelis Taklim Nurul Hikmah Kampung Situ Uncal Desa Purwasari Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor, Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, Vol.1, No. 01, Tahun 2018.

Safarina, Sri, Ability To Read Quran And Understanding Of Tajwid For Sriwijaya University Students, Jurnal Conciencia, Universitas Sriwijaya, Vol. 20, No. 20, Tahun 2020.

Sa’id Daulay, Salim, Dkk., Pengenalan Al-Qur’an, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 9, No. 5, Maret 2023.

Salamun Asngari, Muhammad & Alena, Adis, Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an, Jurnal Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam Guau, Vol. 2, No. 8, Tahun 2022.

Saputri, Ana, dkk, Peran Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, Vol. 10, No. 3, Tahun 2022.

Sudjana dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pedidikan, Jakarta: Sinar Baru Algesindo, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabet, 2012.

Team PGTPQ, Panduan Mengajar TPQ/TKQ Dengan Menggunakan Metode Qiroati, Kendal: Ponpes Darul Amanah, 2014.

Turhusna, Dalila & Solatun, Saomi, Perbedaan Individu Dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, As-Sabiqun, Vol. 2, No.1, Maret 2020.

Qardhawi, Yusuf, Al-Qur’an berbicara tentang Akal dan Ilmu Pengetahuan, Jakarta: Gema Insani Press, 1998.

Qomariyah, Latifatul & Khotamir Rusli, Radif, Implementasi Metode Talaqqi Melalui Kegiatan Kkn Akb Di Paud Qu Ar-Rahman Pandansari, Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 3, No.2, Juli 2022.

Yufri, Anggraini, Analisis Persiapan Guru Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, MJP, Journal of Education and Teaching Learning Vol 5, No 4, Tahun 2021.

Yunus, Mahmud, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Jakarta: Hidakarya Agung, 1990.
Published
2024-12-16
How to Cite
Iwan, I. (2024, December 16). PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QIRO’ATI DI TPQ AL-JIHAD KETAPANG TAHUN 2024. FIKRUNA Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 7(1), 118-143. https://doi.org/https://doi.org/10.56489/fik.v7i1.260