PENGARUH MODEL INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS II MI NU SUKOMALO LAMONGAN
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan cenderung terpusat pada guru dengan model ceramah oleh sebab itu inovatif model pembelajaran sangat dibutuhkan untuk menjadi alternatif pemecahan masalah terhadap rendahnya hasil belajar siswa yaitu salah satunya dengan menerapkan model Index Card Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Index Card Match terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas II MI NU Sukomalo Lamongan. Adapun jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Design penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-Test Post-Test Design, pada design ini terdapat hasil akurat dengan membandingkan hasil belajar keadaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan model Index Card Match. Tekhnik anailisi data menggunakan daya beda, kesukaran dan sensitifitas butir soal. Penelitian ini menggunakan uji paired sampel t-test dengan taraf signifikasi kurang dari 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa ditolak dan diterima. Dengan demikian memperoleh keterangan bahwa terdapat pengaruh model Index Card Match terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kelas II di MI NU Sukomalo Lamongan dan rata-rata hasil belajar peserta didik menunjukkan sebelum menggunakan model Index Card Match nilai rata-rata 56,35 dan setelah menggunakan model Index Card Match nilai rata-rata 82,3 bahwa adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa sebesar 25,95. Berdasarkan penjelasan hasil penelitian secara menyeluruh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dengan model Index Card Match terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kelas II di MI NU Sukomalo Lamongan.
References
Anwar, Choerul, and Salma Avinia. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak.” Ibtida’ 1, no. 2 (2020): 211–220.
Bakhtiar, Dian. “Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi STM (Sains, Teknologi, Dan Masyarakat) Pada Mata Pelajaran Fisika.” Seminar Nasional Pendidikan1(2016):650–660.
https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3712.
Bima, Ahmad Fadhil, and Widodo Widodo. “Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termodinamika.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 8, no. 1 (2017): 26–31.
Evawani, Yuli. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Kalimat Toyyibah Dan Asmaul Husna Melalui Penerapan Strategi.” Arfannur: Jounrla of Islamic Education 3, no. 1 (2022): 31–48.
Halawati, Firda. “Pengaruh Penggunaan Metode Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 4, no. September (2020): 763–773.
Khoerunnisa, Putri, and Syifa Masyhuril Aqwal. “Analisis Model-Model Pembelajaran.” Fondatia 4, no. 1 (2020): 1–27.
Meningkatkan, Untuk, Kemampuan Menghafal, and Dan Menerjemah. “Penerapan Strategi Index Card Match” 3, no. 1 (2020): 1603–1612. http://digilib.uinsby.ac.id/42758/.
Moh Farih Nurushofah dkk, Developing Mufrodat Asik Snakes And Ladders (UTAMA) Media For Arabic Language Learning In Class V at MI Bahrul Ulum Kemlagilor,” Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, Vol. 17, No. 01, Januari 2024 p-ISSN: 2087-7501 (2024): 40-50.
Nurhidayah, Irma, and Abu Syafik. “Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Active Learning Dengan Strategi Index Card Match.” Jurnal Pendidikan 1, no. 2 (2014): 23–28.
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/viewFile/1592/1511.
Penelitian, Jurnal, and Pembelajaran Matematika. “Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 1, No. 1, Agustus 2017 EISSN 2581-253X” 1, no. 1 (2017): 60–65.
Prabowo, Wahyu Ragil, Djoko Purnomo, and Qoriati Mushafanah. “Metode Kooperatif Tipe Index Card Match Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan.” Jurnal Mimbar Ilmu 25, no. 3 (2020): 380–390.
Rambe, Riris Nur Kholidah. “Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Tarbiyah 25, no. 1 (2018).
Setiono, M. Agus, and Riwinoto. “Analisa Pengaruh Visual Efek Terhadap Minat Responden Film Pendek Eyes For Eyes Pada Bagian Pengenalan Cerita (Part 1) Dengan Metode Skala Likert.” Jurnal Komputer Terapan 1, no. 2 (2015): 29–36. jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/55.
Ulfah, Emilya. “Strategi Pembelajaran Tematik Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah (Mi).” Darussalam 22, no. No.2 (2021): 19–28.
Zahwa, Nadira Rifiyani, and Erwin Erwin. “Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 7503–7509.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.