IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MEMBENTUK SIKAP SANTRI MELALUI PEMAHAMAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN SALAFIAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Abstract
Pesantren ialah lembaga pendidikan islam yang sudah teruji sampai saat ini masih survive dengan bermacam dinamikanya, sehingga keberadaannya kini menarik perhatian dunia pendidikan secara umum. Ciri khas yang membedakan pesantren dengan lembaga pendidikan lainnya ialah sistem pendidikannya 24 jam yang mampu mendukung terbentuknya pendidikan karakter. Selain itu kurikulum yang digunakan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pesantren sehingga membuatnya semakin unik, dan karakter kurikulumnya mencakup beberapa point yang saat ini juga diwujudkan dalam kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 yang ada di dalam pondok pesantren salafiyah dalam membentuk sikap santri melalui kajian-kajian kitab kuningnya. Pendekaatan yang digunakan ialah pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Ahlus Shuffah Balikpapan, pondok pesantren salafiyah Nurul Muhibbin Grogot, Pondok Pesantren Darurrahman tenggarong dan Pondok pesantren Nurul Amin samarinda. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah pimpinan, pengasuh bagian pendidikan, asatidz dan perwakilan santri melalui tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh yaitu pondok pesantren salafiyah secara esensi telah melakukan komponen-komponen yang ada dalam kurikulum 2013 tanpa disadari secara langsung, dan juga berhasil membentuk sikap santri melalui pemahaman kitab kuning dengan menterjemahkan dan menghubungkannya ke dalam ciri khas pondok pesantren. Penelitian ini diharapkan mampu membuka pandangan masyarakat luas bahwa pendidikan di pesantren sangat tepat, lengkap dan dapat sehingga jauh berbeda denganpendidikan formal biasa.
References
Ari Prayoga, Irawan, A.Rusdiana. “KARAKTERISTIKPROGRAMKURIKULUM PONDOK PESANTREN.” Jurnal AL-HIKMAH Vol 2, no. No 1 (2020).
Arifai, Ahmad. “Pengembangan Kurikulum Pesantren, Madrasah Dan Sekolah.” RAUDHAH Proud To Be Professionals JurnalTarbiyahIslamiyah Volume 3 (2018): 13–20.
Hariadi. “Arus Baru Pengelolaan Pondok Pesantren.” EPISTEME jurnal Pengembangan ilmu keislaman Vol 3 (2008).
Imam Syafe’i. “PONDOK PESANTREN: LEMBAGA PENDIDIKAN PEMBENTUKAN KARAKTER.” At-Tadzkiyyah; Jurnal Pendidikan Islam Vol 8, no. No 1 (2017).
Irwan Fathurrochman. “Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup.” TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Vol 1, no. No 1 (2017).
Jafar Amirudin, Elis Rohimah. “Implementasi Kurikulum Pesantren Salafi Dan Pesantren Modern Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Membaca Dan Memahami Kitab Kuning.” Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 14, no. No 1 (2020).
Junaidi, Kholid. “SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DI INDONESIA (Suatu Kajian Sistem Kurikulum Di Pondok Pesantren Lirboyo).” ISTAWA Jurnal pendidikan Islam 2, no. 1 (2016): 95–110.
Lanny Octavia, Ibi Syatibi, Mukti Ali, Ronal gunawan, Ahmad Hilmi. PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TRADISI PESANTREN. Edited by Ibi syatibi & Lanny Oktavia. Jakarta Selatan: Rumah Kitab, 2014.
Lexy J. Moleong. Metodologⅰ Penelⅰtⅰan Kualⅰtatⅰf. Bandung: Bandung. PT Remaja Rosdakarya, 2012.
M. Emnis Anwar. Pola Kemandirian Pondok Pesantren Darussalam Ponorogo. Bogor: Unida Pers, 2015.
M. Yusuf. “Dinamika Integrasi Pesantren Dan Sekolah Dalam Pendidikan Kontemporer Di Indonesia.” AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, Vol 3, no. No 2 (2017).
Martⅰn Van Bruⅰnessen. Kⅰtab Kunⅰng, Pesantren Dan Tarekat. Yogyakarta: Gadⅰng Publⅰshⅰng, 2015.
Maulida, Ali. “DINAMIKA DAN PERAN PONDOK PESANTREN DALAM PENDIDIKAN ISLAM SEJAK ERA KOLONIALISME HINGGA MASA KINI.” Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 05, Januari 2016 05 (2016): 1295–1309.
Miles, Huberman, Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, 3/E. New York: SAGE Publications, 2014.
Muhammad Anas Ma`arif, Muhammad Husnur Rofiq. “Pola Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Berkarakter : Studi Implementasi Pendidikan Berkarakter Di Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto.” Journal Tadris Volume 13, no. Nomor 1 (2018): 1–16.
Muhammad Khoiruddin. “INTEGRASI KURIKULUM PESANTREN DAN PERGURUAN TINGGI.” Jurnal Cendekia Vol 17, no. No 2 (2019).
Mujamil Qomar. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Ed. by Sayed Mahdi. Jakarta: Erlangga, 2003.
Mulyasa. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Ni’mah, Lilis. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama.” Prosiding Nasional 2020, no. 01 (2020): 151–160.
Nisa, Khoirun, Chusnul Chotimah, Pengembangan Kurikulum, and Pondok Pesantren. “Khoirun Nisa’ & Chusnul Chotimah: Pengembangan Kurikulum Pondok Pesantren” 6, no. 1 (2020): 45–68.
Nurcholis Majid. Bilik-Bilik Pesantren, Sebuah Potret Perjalanan I. Jakarta: Paramadina, 1997.
Ridlwan Nasir. Encari Tipologi Format Pendidikan Ideal “Pondok Pesantren Di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2005.
Rusliansyah Anwar. “Hal-Hal Yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013.” Jurnal Humaniora vol 5, no. no 1 (n.d.): 97.
Saifuddin, Ahmad. “EKSISTENSI KURIKULUM PESANTREN DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN Ahmad Saifuddin (Dosen STAI Darussalam Krempyang Nganjuk).” Journal of Islamic Education Studies Vol 3, no. No 1 (2015): 207–234.
Sudaryono. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Jakarta;Prenadamedia, 2016.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendididkan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). XXI. Bandung: Bandung; Alfabeta 2015, 2015.
Sumardi, Kamin. “POTRET PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN SALAFIAH.” Jurnal Pendidikan Karakter Vol 3, no. No 3 (2012).
Sutrisno Hadi and Andi. Metode Research, Ed.II. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Tamam, Badrut, and Muhammad Arbain. “Inklusifitas Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren.” Journal MISYKAT AL-ANWAR: JURNAL KAJIAN ISLAM DAN MASYARAKAT 3, no. 2 (2020): 217–252.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.