PENDIDIKAN ISLAM HOLISTIK DAN KOMPREHENSIF

  • Mardani Mardani
Keywords: Pendidikan Islam, Holistik, Konprehensif

Abstract

Pendidikan Islam bertujuan membentuk pribadi Muslim “seutuhnya”, mengembangkan seluruh potensi manusia baik jasmaniyah maupun ruhaniyah, menumbuhkan hubungan yang harmonis setiap pribadi manusia dengan Allah, manusia, dan alam semesta. Pendidikan Islam bertolak dari pandangan Islam tentang manusia. Al-qur’an menjelaskan bahwa manusia adalah makhluk yang mempunyai dua fungsi yang sekaligus mencakup dua tugas pokok pula. Fungsi pertama manusia sebagai khalifah Allah di bumi; makana ini mengandung arti bahwa manusia diberi amanah untuk memelihara, merawat, memanfaatkan serta melestarikan alam raya. Fungsi kedua mausia adalah makhluk Allah yang diberi tugas untuk menyembah dan mengabdi kepada-Nya. Selain itu manusia juga memiliki potensi lahir dan batin. Yang keduanya dikembangkan kearah keempurnaan.[1] Oleh karena itu perlu adanya model pendidikan sebagai alat guna mencapai tujuan pendidikan Islam tersebut. Pendidikan Islam holistic dan komprehensif  yang di tawarkan oleh penulis yang termasuk dalam kapita selekta pendidikan Islam.

Kata Kunci : Pendidikan Islam, Holistik, Konprehensif

 

[1]Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam Dalam Prespektif Filsafat, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014), hlm. 15.

Published
2019-11-06
How to Cite
Mardani, M. (2019, November 6). PENDIDIKAN ISLAM HOLISTIK DAN KOMPREHENSIF. FIKRUNA, 1(1), 38-49. https://doi.org/https://doi.org/10.56489/fik.v1i1.3