IMPLEMENTASI ADMINISTRASI MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM

  • Abdul Pandi STIT Darul Ulum Kubu Raya, Kalimantan Barat
Keywords: Impelementasi Adminitrasi, Proses Pembelajaran, Madrasah Aliyah Darul Ulum

Abstract

Pembelajaran disekolah dapat terlaksana dengan baik karna adanya implementasi administrasi sebagai pendukung terlaksananya proses pembelajaran di sekolah, Oleh karena itu dianggap penting implementasi administrasi oleh pendidik pada saat proses pembelajaran berlangsung disekolah sehingga dengan adanya implementasi administrasi semua tujuan proses pelaksanaan pembelajaran disekolah dapat terlaksana dengan baik dan efektif sesuai dengan tujuan dan harapan sekolah. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi administrasi dalam peningkatan proses pembelajaran dan faktor yang mempengaruhi implementasi administrasi dalam peningkatan proses pembelajaran di sekolah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu, Kepala sekolah, Waka kurikulum, dan Guru. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah darul Ulum membangun budaya sekolah yang mendukung nilai-nilai positif seperti kerjasama, rasa hormat, dan tanggung jawab serta menciptakan suasana yang mendorong guru dan siswa untuk berinovasi dalam proses pembelajaran sehingga pada saat implementasi administrasi dapat menciptakan proses pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan berorientasi pada hasil sesuai dengan tujuan yang diharapkan dan implementasi administrasi yang efektif merupakan kunci untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah dan implementasi administrasi dalam pendidikan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kebijakan pendidikan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, partisipasi stakeholder, dan penggunaan teknologi pembelajaran sehingga implementasi administrasi dan faktor pendukung jika dilaksanakan dengan baik maka akan meningkatkan proses pembelajaran disekolah.

References

Ali Nurdin, 2018, Motivasi Kerja dan Lingkungan Belajar dalam Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran, Jurnal Tarbiyah, Vol. 25, No. 2 Juli-Desember

Anggereni, S., Suhardiman, S., & Amaliah, R. (2021). Analisis Ketersediaan Peralatan, Bahan Ajar, Administrasi Laboratorium, Keterlaksanaan Kegiatan Praktikum di Laboratorium Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3925.

Azhari, U., & Kurniady, D. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631.

Daryanto, 2001, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Djunaidi, A., & Sarimawati, T. (2019). Peranan Guru PPKn dalam Membina Sikap dan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Melalui Pendekatan Keteladanan Guru di SMP Negeri 2 Donggo, 7, 19-26. https://doi.org/10.31764/civicus.v7i2.1135.

Suharsini Arikunto, 1990, Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Jakarta: Rajawali Pers

Mulyadin, E., & Riyadi, K. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) dengan Pendekatan Saintifik (Metode 5M) Terhadap Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SMA/MA Negeri Kec. Sape. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. https://doi.org/10.25273/jems.v6i2.5374.

Nawawi Haidar, 2009, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas, Jakarta: Gunung Agung

Daryanto, 2013, Administrasi dan Manajemen Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta

Hendi dkk, 2024, Manajemen Mutu Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah di Sekolah dan Madrasah, Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol. 5, No. 3.

Herlambang, S., Nugroho, H., & Wahyuning, S. (2022). Manajemen Pembelajaran Digital Dalam Rangka Mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi Covid-19 Di Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta. Albama: Jurnal Bisnis Administrasi Dan Manajemen. https://doi.org/10.56606/albama.v15i2.72.

Gusma Afriani, 2006, Telaah dan Perkembangan Kurikulum, (Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang. Jinotep (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.17977/UM031V4I22018P119.

Oemar Hamalik,2006, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pratama, K., Wirawan, I., & Darmawiguna, I. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Terpadu Paud Studi Kasus Paud Asi (Aura Sukma Insani) Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI). https://doi.org/10.23887/JPTK-UNDIKSHA.V16I1.16592.

Redi., A.A.N.P & Putra., I Nyoman Mardika (2021). ISO 9001:2015 Pengantar Standar Manajemen Mutu. Website Magister Teknik Industri Bina Nusantara.
Singgih Aji Purnomo, 2020, Pengembangan Mutu Manajemen Lembaga Pendidikan Dalam Penerapan Iso 9001:2008 Pada Smk Swasta Ma’arif Nu 1 Ajibarang Provinsi Jawa Tengah, Jurnal Pendidikan Islam, VOL. 2, NO. 1

Thaariq, Z., & Wedi, A. (2020). Model Adaptive Blended Curriculum (ABC) sebagai Inovasi Kurikulum dalam Upaya Mendukung Pemerataan Pendidikan. Jurnal Kiprah. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2002.
Published
2025-03-27
How to Cite
Pandi, A. (2025, March 27). IMPLEMENTASI ADMINISTRASI MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM. FIKRUNA: Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 7(2), 418-437. https://doi.org/https://doi.org/10.56489/fik.v7i2.301