PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)

  • Muhammad Alfiannur Universitas Islam Negeri Antasari
  • Saifullah Saifullah Universitas Islam Negeri Antasari, Banjarmasin
  • Darul Qutni Universitas Islam Negeri Antasari, Banjarmasin
  • Ahmad Supiani Universitas Islam Negeri Antasari, Banjarmasin
  • Ani Cahyadi Universitas Islam Negeri Antasari, Banjarmasin
Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Artificial Intelligence (AI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana dinamika pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan fokus pada studi kepustakaan. Melalui tinjauan literatur, penelitian ini mengungkap beberapa manfaat utama dari integrasi AI dalam pembelajaran PAI. AI memungkinkan personalisasi materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu setiap siswa, meningkatkan aksesibilitas pembelajaran terutama bagi siswa di daerah terpencil atau dengan kebutuhan khusus, serta mengotomatisasi tugas administratif sehingga guru dapat lebih banyak berfokus pada proses pengajaran. Selain itu, AI mendukung pengembangan konten pembelajaran yang lebih interaktif dan analisis data yang mendalam untuk peningkatan kurikulum. Dengan pendekatan yang lebih personal, diharapkan bahwa AI dapat mendorong motivasi dan keterlibatan siswa, menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan mendalam. Secara keseluruhan, integrasi AI dalam pembelajaran PAI memiliki potensi besar untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif, adaptif, dan mampu menjawab tantangan pendidikan di era digital saat ini.

References

Amaly, A.M., G. Muhammad, M. Erihadiana, dan Q.Y. Zaqiah. “Kecakapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6, no. 1 (2021). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6712.

Arisanti, Ivon, Rasmita Rasmita, Muhammad Kasim, Budi Mardikawati, dan Murthada Murthada. “Peran Aplikasi Artificial Intelligence (AI) Dalam Mengembangkan Dan Meningkatkan Kompetensi Profesional Dan Kreativitas Pendidik Di Era Cybernetics 4.0.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 1 (21 Januari 2024). https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8455.

Dawis, A.M., I.S. Himawan, M. Ratnadewi, D. Meidelfi, I. Junaidi, F. Ikhram, I. Defni, dkk. Artificial Intelligence: Konsep Dasar dan Kajian Praktis. Tohar Media, 2019.

Fauziyati, W.R. “Dampak Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 6, no. 2 (2023).

Gleneagles, D.B., F. Larasyifa, dan R. Fawaiz. “Peran Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Efisiensi Proses Belajar dan Pembelajaran.” Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2, no. 5 (2024).

Hilmi, M., dan N. Hasaniah. “Penerapan Media Pembelajaran Digital dalam Pengajaran Bahasa Arab.” Jurnal International Conference of Islamic Olivization and Humanities 2, no. 7 (2023).

Kisno, F., N. Fatmawati, R. Rizkiyanti, S. Kurniasih, dan E.M. Ratna. “Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) sebagai Respon Positif Mahasiswa PIAUD dalam Kreativitas Pembelajaran dan Transformasi Digital.” Journal of Islamic Golden Age Education 4, no. 1 (2023).

Mambu, J., D.H. Pitra, A.R.M. Hilmi, W. Nugraha, Louwol, dan A.M.A. Saputra. “Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital.” Journal of Education 6, no. 1 (2023).

Marwantika, A.I. “Dakwah di Era Artificial Intelligence: Proses Adopsi Inovasi, Limitasi, dan Resistensi.” Proceeding of The 3rd FUAD’s International Conference on Strengthening Islamic Studies (FICOSIS) 3, no. 1 (2023).

Murniyetti, R., R. Rahman, I. Muliati, dan W. Qodratulloh. “Respon Guru terhadap Penggunaan Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Kasus di Kota Padang.” Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam 4, no. 2 (2023).

Nurhayati, R., Jamaluddin Musdiana, dan N.I. Ahmad. “Pengaruh Kepribadian Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap Motivasi Belajar Peserta.” Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan 13, no. 1 (2021).

Putra, W.S., dan K. Wanda. “Media Puzzle Maker Berbasis Artificial Intelligence pada Siswa Madrasah.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 6, no. 4 (2023).
Sabri, A. Pendidikan Islam Menyongsong Era Industri. Budi Utama, 2020.

Suhendar, W.Q., A.A. Milanti, I. Suhartini, dan R. Rahman. “Strategi Pengembangan Karakter Kepemimpinan Mahasiswa melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Politeknik.” Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 23, no. 1 (2023). https://doi.org/10.21831/hum.v23i1.53509.
Published
2025-04-23
How to Cite
Alfiannur, M., Saifullah, S., Qutni, D., Supiani, A., & Cahyadi, A. (2025, April 23). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI). FIKRUNA: Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 7(2), 661-674. https://doi.org/https://doi.org/10.56489/fik.v7i2.303