PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN SUMBER DAYA MANUSIA BERKESADARAN DALAM MEMBANGUN HIDUP DAMAI: KAJIAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI PT.GRIYA KESADARAN YOGI, PARE KEDIRI
Abstract
Maksud yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memberikan uraian dalam bentuk deskriptif dan menganalisis serta memberikan interpretasi pada cakupan: 1. Konsep pelatihan PT. Griya Kesadaran Yogi dalam pengembangan kelembaganaan SDM berkesadaran, 2. Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural dalam pelatihan PT. Griya Kesadaran Yogi, 3. Model Pengembangan Kelembagaan SDM berkesadaran dalam membangun hidup damai di PT. Griya Kesadaran Yogi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti tahapan Miles, Huberman, dan Saldana, yaitu kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa: 1. Program pengembangan SDM berkesadaran di PT. Griya Kesadaran Yogi, seperti pelatihan RK BE 360°, efektif dalam membentuk pola hidup sehat, kaya, dan bahagia yang menjadi fondasi untuk menciptakan kedamaian personal dan sosial, cara menerapkan materi pelatihan dalam kehidupan sehari-hari melalui tiga tahapana, yaitu moral knowing, moral feeling, moral acting dan ada satu hal yang harus dilakukan yaitu moral keeping. 2. Implementasi nilai-nilai Islam multikultural seperti ta’aruf, at-tawazun, tasamuh, ta’awun dan tawasuth berhasil diintegrasikan ke dalam program pelatihan, yang mencakup keseimbangan spiritual, keterampilan praktis, dan penghargaan terhadap keberagaman. Program ini juga memperkuat semangat nasionalisme dan kolaborasi melalui pendekatan inklusif yang harmonis, 3. Model Pengembanagn kelembagaan PT. Griya Kesadaran Yogi menggunakan kerangka teori APK dari Ostrom (2005), Hess dan Ostrom (2007), serta Heywood, Stephani, dan Garner (2017) digunakan untuk menganalisis pengembangan SDM berkesadaran melalui tiga komponen utama: Struktur Situasi Aksi, Rules-in-Use, dan Tata Kelola serta Tindakan Kolektif. Pendekatan ini dikombinasikan dengan siklus PDCA (Plan-Do-Check-Act) pada program pelatihan RK (Rileks Koinsidens), serta memastikan inovasi (Inovation) yang berkelanjutan (sustainable) untuk mempertahankan kualitas baik barang maupun jasa dalam pengembangan kelembagaan SDM (Sumber Daya Manusia) oleh PT. Griya Kesadaran Yogi.
References
Ahmad, Fatimah, Syamsu Nahar, and Edi Saputra. “PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TANJUNG PURA.” AT-TAZAKKI 3, no. 2 (2019): 205–21.
Anwar, M Zainal. “Kesejahteraan,” no. September (2020): 11–46.
Asiyah, Dewi, Winda Amilia, Andi Wiyono, Ida Suryaningrat, and Yuli Wibowo. “Efisiensi Biaya Dengan Sistem PDCA Menggunakan Metode Quality Control Circle (QCC) Di PT. XYZ Kabupaten Sidoarjo.” JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI 10 (December 24, 2022): 531. https://doi.org/10.24843/JRMA.2022.v10.i04.p14.
Bakri, Maskuri. Metodologi Penelitian Kualitatif: Tinjauan Teoritis Dan Praktis . Surabaya: Visipress Offset.: Visipress Offset., 2003.
Budiharsana, M. P., & Heywood, P. F. Analisis Dan Pengembangan Kelembagaan. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017.
Chazim Maksalina. “Konsep Tawasuth, Tawazun Dan I’tidal,” 2024. https://www.pta-gorontalo.go.id/berita/kolom-kpta/3732-konsep-tawasuth-tawazun-dan-i-tidal.
Creswell, J. W. Educational Research: Planning, Conducting, And Evaluating Quantitative And Qualitative Research.Upper Saddle River. Nj: Pearson Education, 2005.
Dalmeri, Dalmeri. “Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter.” Journal of Chemical Information and Modeling 14, no. 1 (2014): 269–88.
Dispenza, J. Becoming Supernatural: How Common People Are Doing the Uncommon. Hay House, 2019. https://books.google.co.id/books?id=5WH6DwAAQBAJ.
Dwi, Mariyono. “PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL MELALUI SPIRIT ENTREPRENEUR SANTRI ( Studi Etnografi Di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang )” 2, no. 2 (2023): 246–66.
Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almansyur. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Malang: UIN Malang Press, 2009., 2009.
Hawkins, D. R. Power vs. Force: The Hidden Determinants of Human Behavior. Hay House., 1990.
Hollweck, Trista. “Robert K. Yin. (2014). Case Study Research Design and Methods (5th Ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. 282 Pages.” The Canadian Journal of Program Evaluation 30 (March 1, 2016).https://doi.org/10.3138/cjpe.30.1.108.
Ibrahim. Metodologi Penelitian Kualitatif,. (Bandung: .: Alfabeta, 2015.
Imam. “Mengenal Teori Psikologi Positif: Meningkatkan Kesejahteraan Dan Kebahagiaan,” 2024. https://psikologi.uma.ac.id/mengenal-teori-psikologi-positif-meningkatkan-kesejahteraan-dan-kebahagiaan/.
J. Shaughnessy dan Zechmeister jeannes, M. Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007), p.110, 2007.
M. Junaidi Ghoni. Metode Penelitian Kualitatif. (Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2012.
Miles, M. B., Hubberman, A. M., & Saldana, J. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. (3rd ed.). California: SAGE Publications., 2014.
Nana Saodih Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. : Remaja Rosdakarya, 2011. p. 73: Bandung : Remaja Rosdakarya, 2011, 2011.
Noor, Hasni. “PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP MULTIKULTURAL SISWA ( STUDI DI MTs AL-MUDDAKIR BANJARMASIN ) Hasni Noor Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin , Kalimantan Selatan , Indonesia Abstrak” 16, no. 4 (2022): 1273–82.
North DC. “Institutions, Instutional Change and Economic Performance. Cambrige University Press, Cambrige.,” 1990.
Ostrom, E. “Formulating the Elements of Institutional Analysis. Paper Presented to Conference on Institutional Analysis and Development. Washington,” 1985.
Pangestu, Hanes Puji. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Milenial Membentuk Manusia Bermartabat.” ICESS: Education, Constitutional Law, Economics And Management, Sociology 1, no. 1 (2019): 280–99.
red. “Kenali Pola Hidup Sehat Dan Langkah-Langkahnya | Manulife Indonesia,” 2024. https://www.manulife.co.id/id/artikel/kenali-pola-hidup-sehat-dan-langkah-langkahnya.html.
Red. “PT. GRIYA KESADARAN YOGI - Griya Kesadaran Yogi, RK Mas Yunus,” 2024. https://griyakesadaranyogi.co.id/pt-griya-kesadaran-yogi/.
Rokhmiyati, Sri. “Konsep Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Kelembagaan Islam.” Interdisciplinary Journal of Communication 3, no. 2 (2018): 231–52.
Ruttan and Hayami. “1984 Toward a Theory of Induced Institutional Innovation.” Journal of Development Studies 2, no. 200 (1984): 203-.
Said, M M. Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Agama Islam. UNISMA PRESS, 2023. https://books.google.co.id/books?id=KVvcEAAAQBAJ.
Salim and Syahrum. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: Citapustaka Media, 2012.
Samtono. “PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKTOR PENDIDIKAN DENGAN SEGALA PERMASALAHANNYA” 4, no. 7 (2011).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Afabeta, 2007.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: , (Jakarta: Bumi Aksara, n.d.
Tinta, Jurnal, and Month September. “INTEGRASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON Agus Sulthoni Imami Universitas Nurul Jadid Probolinggo PENDAHULUAN Bahasa Asing Dan Nilai Budaya Yang Dibawa Merupakan Dua Aspek Yang Saling Berhubungan Dalam Bidang Pe” 4, no. 2 (2022): 71–87.
Tugiah, Tugiah, and Jamilus Jamilus. “Pengembangan Pendidik Sebagai Sumber Daya Manusia Untuk Mempersiakan Generasi Milenial Menghadapi Era Digital.” Jurnal Sosial Teknologi 2, no. 6 (June 15, 2022): 498–505.https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i6.350.
Waluya, Bagja. “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Berbasis Masyarakat Untuk Mengatasi Masalah Pengangguran.” Jurnal Geografi GEA 9, no. 1 (2009).
Yulifar, Lelly. “PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA INDONESIA DI TENGAH KRISIS GLOBAL.” Jurnal Geografi Gea 9, no. 1 (March 14, 2016). https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1678.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.