PELAKSANAAN PROGRAM TAKHASUS KITAB KUNING PONDOK PESANTREN MAMBA’UL KHAIRAT KETAPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme penerimaan, materi, metode, waktu, evaluasi, dan kendala dalam pelaksanaan program takhasus kitab kuning Pondok Pesantren Mamba’ul Khairat Ketapang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah; pengamatan, wawancara serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program takhasus kitab kuning di Pondok Pesantren Mamba’ul Khairat Ketapang adalah sebagai berikut 1) mekanisme penerimaan santri masuk takhasus adalah santri yang telah lancar dalam membaca Al-Qur’an, 2) materi yang disampaikan dalam pelaksanaan program takhasus meliputi materi nahwu, shorof, fiqih, tajwid, tafsir, tasawuf, hadits, tarikh, tauhid dan akhlak, 3) metode yang digunakan pada pelaksanaan program takhasus adalah metode sorogan, mudzakarah, hafalan, Tanya jawab dan memberi hadiah bagi santri yang aktif atau berprestasi, 4). Program takhasus membaca kitab kuning dimulai dari jam 14.00-16.30 WIB, 5) evaluasi pelaksanaan program takhasus membaca kitab kuning meliputi hasil belajar santri, materi yang disampaikan, metode yang digunakan, kebersihan, kedisiplinan, dan 6) Kendalayang dihadapi yaitu minimnya ruang kelas, media belajar dan alat peraga kemudian santri belajar tanpa kursi dan meja. Solusi yang akandilakukan: membangun ruang kelas yang memadai dan menyediakan kitab/buku penunjang, media belajar serta alat peraga.
References
Anis Masykur, Menakar Modernisasi Pendidikan Pesantren, dalam Jurnal Cendikia, Volume 10, Nomor 1, Juni 2012.
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Pegajaran Secara Manusiawi, Jakarta,PT Rineka Cipta, 1990.
Aryanti Agustina, Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Menerapkan Bahan Ajar di SMA Negeri 3 Ogan Komering Ulu, Jurnal Ecucative: Journal of Educational Studies, Volum 3, Nomor 1, Januari-Juni 2018.
Ayu Cantika, Linda dkk., Relevansi Metode Pendidikan Karakter Berbasis Kitab Ta’lim Muta’allim pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, Volume 2, Nomor 1, Maret 2019.
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Jakarta,Logos Wacana Ilmu, 2002.
B. Uno, Hamzah & Lamatenggo, Nina, Teori Kinerja dan Pengukurannya, dalam Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 1, Nomor 1, Agustus 2016.
Basarudin dkk., Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sumber Daya Alam di Kelas IV SDN Fatufia Kecamatan Bahodopi, Jurnal Kreatif Tadulako Online, Volume 1, Nomor 1, Tahun 2014.
Buku Panduan, Pelaksanaan Program Takhasus,Ketapang, Pondok Pesantren Mamba’ul Khairat Press, 2013.
Bruinessen, Martin Van, Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat,Bandung, Penerbit Mizan 1995.
Chusna, Arifatul & Muhtarom, Ali, Implementasi Qiraatul Kutub untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan, Jurnal Mu’allim, volume 1, Nomor 1, Januari 2019.
Dahlan,Zaini, Khazanah Kitab Kuning : Membangun Sebuah Apresiasi Kritis, Jurnal Ansiru PAI, Vol. 3 No. 1. Januari 2018.
Damanhuri, Kitab Kuning: Warisan Keilmuan Ulama dan Kontekstualisasi Hukum Islam Nusantara, Jurnal ‘Anil Islam, Vol. 10, No. 2, Desember 2017.
Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren, dalam Jurnal Tazkiya, Volume 7, Nomor 2, Januari-Juni 2018.
Djamarah, Syaiful Bahri & Zein, Ahmad, Strategi Belajar Mengajar, dalam Jurnal Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, IPS, Volume 2, Nomor 1, Maret 2015.
Dodi, Limas, Metode Pengajaran Nahwu Shorof (berkaca dari Pengalaman Pesantren), Jurnal Tafaqquh, Volume 1, Nomor 1, Mei 2013.
Ferdinan, Pondok Pesantren, Ciri Khas Perkembangannya, Jurnal Tarbawi, Volume 1, Nomor 1, Tahun 2017.
Gafar, Abdul & Utami, Prihma Sinta, Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS di SMP Negeri di Kota Yogyakarta, Jurnal Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, Volume 2, Nomor 1, Maret 2015.
Ginanjar, M. Hidayat, Urgensi Lingkungan Pendidikan sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik, Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 02, Juli 2013.
Ginting, Abdurrahman, Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran, dalam Jurnal Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Volume 1, Nomor 1, Tahun 2018.
Lazwardi, Dedi, Implementasi Evaluasi Program Pendidikan di Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, Jurnal Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, Volume 7, Nomor 2, Desember 2017.
Majid, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, dalam Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol. 9, No. 2, Februari 2020.
Mas’udi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dalam Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume 3, Nomor 3, November 2016.
Mesiono, Dalam Tinjauan Evaluasi Program, Jurnal Educators: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan, Volume 4, Nomor 2, Juli-Desember 2017.
Muhtarom Busyro, Shorof Praktis “Metode Krapyak”, Yogyakarta, Menara Kudus Yogyakarta, 2011.
Munawwir, A.W., Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Surabaya, Pustaka Progressif, 2002
Nadeem; et.al., Teacher’s Competencies and Factors Affecting the Performance Female Teachers in Bahawalpur Pakistan, dalam Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 1, Nomor 1, Agustus 2016.
Nana, Sudjana,Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidika, Volume 7, nomor 2, Desember 2013.
Nizar, Samsul, Sejarah Sosial & Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara, Jakarta, Kencana Penada Media Grup, 2013.
N. K., Roestiyah,Strategi Belajar Mengajar, dalam Jurnal Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN “SMH” Serang Banten, Volume 11,Nomor 1, Tahun 2017.
Purwanto, Evaluasi Hasil belajar, dalam Jurnal eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, Volume 2, Nomor 2, Desember 2018.
Rahardjo, M. Dawam, Pesantren dan Pembaharuan, Jakarta, LP3S, 1985.
Rahman dkk., Evaluasi Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas VIII di SMP Negeri 1 Asera Konawe Utara, Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol. 9, No. 2, Februari 2020.
Ramadhani,Nurdian dkk.,Implementasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis online di SMK Negeri 6 Makassar, Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, Volume 4, Nomor 1, Tahun 2019.
Rasyid, Ramli dkk., Implikasi Lingkungan Pendidikan Terhadap Perkembangan Anak Perspektif Pendidikan Islam, Jurnal Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Volume 7, Nomor 2, Desember 2020.
Rodiah dkk.,Implementasi Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al-Munawwaroh Kab. Kepahiang Provinsi Bengkulu, Jurnal Literasilogi, Volume 1, Nomor 1, Januari-Juni 2018.
Rusman, Model-Model Pembelajaran, dalam Jurnal Pionir: Jurnal Pendidikan, Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni 2017.
Setiawan, Aris, Penerapan Belajar Kelompok untuk meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia SD Negeri Kepek, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta, Edisi 7 Tahun ke IV April 2015.
Setyaji, Yusuf, Metode Pembelajaran Nahwu Shorof dalam meningkatkan kemampuan Baca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Ibnu Abbas Sragen, Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta, Tahun 2019, hal. Abstrak.
Sholihin & Mujilahwati, Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web, Dalam Jurnal Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, Volume 4, Nomor 1, Tahun 2019.
Siti Munawaroh, Perilaku Disiplin dan Kejujuran Generasi Muda di Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume 3, Nomor 3, November 2016.
Suheri,Cucu dkk., Sistem Seleksi Penerimaan Siswa Baru SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Menggunakan Metode The Distance To The Ideal Alternative, Jurnal Komputer dan Aplikasi, Volume 07, Nomor 02, Tahun 2019.
Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, dalam Jurnal eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, Volume 2, Nomor 2, Desember 2018.
Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, dalam Journal of Mechanical Engineering Education, Volume 2, Nomor 1, Juni 2015.
Soemanto, Wasty, Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan, dalam Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Volume 08, Nomor 01, Tahun 2014.
Suarni, Meningkatkan Keaktifan belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Organisasi Pelajaran PKN melalui Pendekatan Pembelajaran PAKEM Kelas IV SD Negeri 064988 Medan Johor Tahun Ajaran 2014/2015, Journal of Physics and Science Learning (PASCAL), Volume 01, Nomor 2, Desember 2017.
Usmani Ismail, Asep, Menguak Yang Ghaib Khazanah Kitab Kuning, Jakarta, Penerbit Mizan, 2004.
Wayan Widiana, I, Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Gugus VI, e-Jurnal Jurusan PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1, Tahun 2016.
Qomar, Mujamil, Pesantren dari Transformasi Metodologi menuju Demokrasi Institusi, Jakarta, Erlangga, 2005.
_____________, Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam; Manajemen Pendidikan Islam, dalam Jurnal Ilmiah Keislaman, Al-Fikra, Vol. 17. No.1, Januari-Juni, 2018.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.