STRATEGI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS EKSPLORASI
Abstract
Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis eksplorasi telah menjadi fokus pengembangan pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Rantau. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap ajaran agama Islam melalui pengalaman langsung dan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dalam konteks ini, penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi implementasi strategi berbasis eksplorasi di sekolah tersebut, serta dampaknya terhadap kualitas pembelajaran agama Islam. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi kelas, wawancara dengan guru PAI, dan analisis dokumentasi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran PAI berbasis eksplorasi efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan penghayatan konsep-konsep agama. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran agama juga memberikan kontribusi positif dalam menyampaikan materi secara interaktif dan menarik bagi siswa. Dengan demikian, strategi ini memberikan landasan yang kuat untuk pengembangan pendekatan pembelajaran inovatif dalam konteks pendidikan agama Islam di tingkat MA.
References
Adlimah, Annilta Manzilah. “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KOMPETENSI DASAR BERIMAN KEPADA QADA DAN QADAR BERBUAH KETENANGAN HATI.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 5, no. 2 (September 26, 2020): 219. https://doi.org/10.24014/potensia.v5i2.6628.
Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (March 1, 2022): 974–80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
Butar-Butar, Najaruddin, Nurmawati Nurmawati, and Rusydi Ananda. “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Capaian Hasil Belajar.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 9, no. 2 (September 9, 2023): 792. https://doi.org/10.29210/1202323179.
Haerani, Irma, Deasy Yunika Khairun, and Putri Dian Dia Conia. “Profil Kemandirian Belajar Siswa Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Belajar.” KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling” 4, no. 2 (October 15, 2020). https://doi.org/10.21043/konseling.v4i2.7665.
Halstead, Mark. “An Islamic Concept of Education.” Comparative Education 40, no. 4 (November 2004): 517–29. https://doi.org/10.1080/0305006042000284510.
Ikmal, Hepi, and Wiwit Sukaeni. “INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI SMAN 1 KEDUNGPRING LAMONGAN.” Kuttab 5, no. 1 (March 17, 2021): 34. https://doi.org/10.30736/ktb.v5i1.614.
Inayati, Mahfida. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Pembelajaran PAI; Teori David Ausubel, Vigotsky, Jerome S. Bruner.” Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan 7, no. 2 (November 27, 2022): 144. https://doi.org/10.55102/alyasini.v7i2.4875.
Iwata, Kazunori, Nobuhiro Ito, Koichiro Yamauchi, and Naohiro Ishii. “Combining Exploitation-Based and Exploration-Based Approach in Reinforcement Learning,” 326–31, 2000. https://doi.org/10.1007/3-540-44491-2_47.
Khoirunnisa, Astri. “Pembelajaran PAI Berbasis Bahasa Inggris Sebagai Upaya Menghadapi Tantangan Globalisasi Di MI Afkaaruna Islamic School Yogyakarta.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr 10, no. 1 (July 12, 2021): 56–67. https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i1.4683.
Komalasari, Mala, and Abu Bakar Yakubu. “Implementation of Student Character Formation Through Islamic Religious Education.” At-Tadzkir: Islamic Education Journal 2, no. 1 (March 25, 2023): 52–64. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i1.16.
Malili, Amriah, Yanti Hasbian Setiawati, and Amie Primarnie. “Implementasi Pendidikan Holistik Islami Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bojong Gede Bogor.” Jurnal Dirosah Islamiyah 5, no. 1 (November 30, 2022): 95–121. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i1.1763.
Novayani, Irma. “PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS MULTIKULTURAL.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (February 15, 2018): 235. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v3i2.1795.
Purnomo, Sidik, Akhmad Shunhaji, and Made Saihu. “Pembelajaran Agama Islam Berbasis Multi Kultural Melalui Model Pembelajaran Transformative Learning Di Stai Al-Karimiyah Depok Jawa Barat.” Jurnal Multidisiplin Indonesia 1, no. 2 (October 21, 2022): 384–92. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i2.40.
Ramayanti, Ani, Bambang Qomaruzzaman, and Qiqi Yuliati Zaqiah. “Implementasi Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis Multiple Intelligences Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 4 (October 15, 2023): 1910–15. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6234.
Rohman, Fathur, and Kusaeri Kusaeri. “Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Fikih Dengan Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal (WGCTA).” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 19, no. 3 (December 16, 2021): 333–45. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i3.874.
Sa’diyah, Halimatus, Laksmi Evasufi Widi Fajari, Syarifah Aini, and Lili Fajrudin. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Di Sekolah Dasar.” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 11, no. 1 (February 27, 2023). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i1.71789.
Saiful, Anwar, Uswatun Hasanah, and Musa Musa. “STUDI EKSPLORASI POLA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL.” KOMUNIKASIA: Journal of Islamic Communication and Broadcasting 3, no. 2 (November 24, 2023): 117–35. https://doi.org/10.32923/kpi.v3i2.3805.
Sari, Siti Mayang, Yamnur Mahlia, Winning Amintas Kartika Waruwu Sari, and Jalaluddin Jalaluddin. “Manfaat Pembelajaran Eksplorasi, Elaborasi, Dan Konfirmasi Pada Tanggung Jawab Guru.” Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan 7, no. 1 (January 4, 2022): 89. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6268.
Setiasih, Ocih, Nandi Nandi, Rusman Rusman, Wawan Setiawardani, and Eri Yusron*. “Exploring Factors Influencing Student’s Learning Difficulties During Pandemic in Indonesia: A Structural Equation Modelling.” European Journal of Educational Research 12, no. 1 (January 15, 2023): 1–14. https://doi.org/10.12973/eu-jer.12.1.1.
Wahidin, Unang, Muhammad Sarbini, and Imam Tabroni. “Evaluasi Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 03 (October 31, 2022): 831. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3175.
Wahlström, Ninni. “When Transnational Curriculum Policy Reaches Classrooms – Teaching as Directed Exploration.” Journal of Curriculum Studies 50, no. 5 (September 3, 2018): 654–68. https://doi.org/10.1080/00220272.2018.1502811.
Wanto, Deri, and Okni Aisa Mutiara Sendi. “Strategi Dosen Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Mahasiswa PAI IAIN Curup.” JURNAL PENELITIAN 16, no. 1 (February 17, 2022): 107. https://doi.org/10.21043/jp.v16i1.12914.
Zaman, Badrus. “PENERAPAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI.” Jurnal As-Salam 4, no. 1 (June 8, 2020): 13–27. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.148.
Zinnurain, Zinnurain. “Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar PAI SMP Islam Al-Ashriyah.” Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran 7, no. 1 (April 16, 2022): 74. https://doi.org/10.33394/jtp.v7i1.5053.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.