PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAUAN ALAM DI SDN PIMPINAN PARIT KABUPATEN SAMBAS

  • Topik Topik Dosen IAI Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Parni Parni Dosen IAI Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: kompetensi guru, prestasi belajar ilmu pengetahuan alam

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Keterampilan Mengajar Guru
di sekolah dasar negeri Pimpinan Parit Kabupaten Sambas, mengetahui Prestasi
Belajar Ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar negeri Pimpinan Parit Kabupaten
Sambas dan Pengaruh antara Kompetensi Guru terhadap Prestasil Belajar ilmu
pengetahuan alam di sekolah dasar negeri Pimpinan Parit Kabupaten Sambas.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif
korelasional yaitu mencari pengaruh antara variabel independen Keterampilan Mengajar
Guru(X) dan variabel dependen Prestasil Belajar ilmu pengetahuan alam(Y).
Terdapat pengaruh yang signifikan antara Keterampilan Mengajar Guru terhadap
Prestasil Belajar ilmu pengetahuan alam di SDN Pimpinan Parit dengan pengujian
signifikansi koefisien korelasi dan ditemukan terjadi hubungan positif yang
tergolong rendah. Persamaan regresi linear sederhana yang didapat adalah Y' =
46,966 + 0,289X Keterampilan Mengajar Guruberpengaruh terhadap Prestasil
Belajar ilmu pengetahuan alam dengan nilai R sebesar 0,355. Koefisien
determinasi R Square sebesar 0,126 yang berarti variabel Keterampilan Mengajar
Guruberpengaruh terhadap Prestasil Belajar ilmu pengetahuan alam sebesar
12.6%

References

Asmin. 2001. Konsep Pembelajaran Untuk Orang Dewasa: Andaragogik (Tesis:
PPs UNJ.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia .
Jakarta; Balai Pustaka.
Direktorat Tenaga Kependidikan Depdiknas, UUD No. 20 tahun 2003.
Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Immanuella Dean Johannes P, Judul artikel: Pendidikan Kebangsaan Untuk
Semua Kelas Sosial: Pemerataan Kualitas Mutu Pendidikan. Fajar
Forum RBC, 1 Januari 2012, ISSN 2089-8622.
M. Sardiman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Pedoman Bagi
Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Maulana, Achmad. 2011. Kamus Ilmiah Populer Lengkap. Yogyakarta: Absolud.
Muhaimin, Zulfikar. 2011. Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga
dan Budaya Religius Sekolah terhadap Kecerdasan Emosional Siswa
SMU Negeri 2 Batu. Tidak dipublikasikan: Tesis PPs UIN Malang.
Mujtahid. 2011. Reformulasi Pendidikan Islam: Meretas Mindset Baru, Meraih
Peradaban Unggul. Malang: UIN Malang Pers.
Roestiyah. 1982. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bian Aksara.
18
Rusyan, Tabrani. 2000. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung;
Remaja Rosda Karya.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-raktor yang Mempengaruhinya (Jakarta:
Rineka Cipta.
Sudjana, Nana Dalam Nurlaila Hidayati. 2009. Pengaruh Kompetensi Guru
Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Madrasah Aliyah Negeri 3
Malang. Tidak dipublikasikan, Skripsi UIN Malang.
Sukmadinata,Nana Saudih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.
Bandung; Remaja Rosda Karya.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu & Aplikasi Pendidikan:
Bagian 4 Pendidikan Lintas Bidang. Bandung: Imperial Bhakti Utama.
Tutik,Trianto Triwulan. 2007. Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan
Kualifikasi, Kompetensi, dan kesejahteraan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14/2005 Pasal 10
Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra
Umbara.
Wijaya, Cece dan Tabrani Rusyan. 1994. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
WJS. Purwadarminta.1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka.
Yasin, Fatah. 2008. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. 2008. Malang: UINMalang Pers
Published
2021-08-03
How to Cite
Topik, T., & Parni, P. (2021, August 3). PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAUAN ALAM DI SDN PIMPINAN PARIT KABUPATEN SAMBAS. FIKRUNA Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 3(2), 1-18. https://doi.org/https://doi.org/10.56489/fik.v3i2.42