PEMBELAJARAN ŞARAF MODEL CIPASUNG TASIKMALAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar şaraf siswa dalam kelompok eksperimen (yang
memperoleh şaraf model Cipasung Tasikmalaya) dengan kelompok kontrol (yang
tidak memperoleh şaraf model Cipasung Tasikmalaya) pada siswa kelas IX SMA AlBayan Muara Pawan Ketapang Kalimantan Barat. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah; instrument tes dan pengamatan. Analisis data
dipakai berupa analisis statistik dengan menggunakan uji “t”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup
signifikan antara hasil belajar şaraf pada kelompok eksperimen dengan kelompok
kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata selisih antara pre-test dan posttest baik pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Setelah dilakukan uji
“t” diperoleh harga thitung sebesar 12,035 lebih besar dari ttabel baik pada taraf
signifikansi 5% maupun 1% dan signifikan pada 0,05 (P˂0,05), hal ini berarti bahwa
pembelajaran şaraf model Cipasung Tasikmalaya terbukti cukup efektif untuk
meningkatkan hasil belajar şaraf siswa kelas IX SMA Al-Bayan Muara Pawan
Ketapang Kalimantan Barat.
References
Taṭbīq, dalam Tesis Iwan, strategi pembelajaran Sharaf, Pascasarjana UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta, tahun 2013.
Al Ghulayaini, Mushtofa, Jami ad Durus Al ‘Arobiyah, (Mesir, Dar al ittiba’ wa Dar
Alamiyah, 2017).
Ali Ibnu Hisyam Al Kailani, Abul Hasan, Syarah Kailani lit Tasrif al Izzi, (Surabaya:
Dārul ilmi, 2017).
Ariani, Vivi & Sesmiwati, Studi tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil
Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Estimasi 1 Program Studi Teknik
Ekonomi Konstruksi, Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, Vol.5,
No.2, Desember 2019.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: PT
Rineka Cipta, 2002).
Arifin, Mulyati, Strategi Belajar Mengajar Kimia, (Malang: Universitas Negeri
Malang).
Arsyad, Azhar, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, (Yogyakarta: Pustaka
Pelajar, 2004).
A. Partanto, Pius dan M. Dahlan Albarry, Kamus Ilmiah Populer, (Surabaya:
Arkola, 1994).
B.
Azzani, Bahrudin, Analisis Buku “Sharaf Praktis Metode Krapyak” Karya:
Drs.Muhtarom Busyro (Kajian Metodologi), Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah
dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Tahun 2014.
Budi Utomo, Khoirul, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
MI, Jurnal Program Studi PGMI, Vol. 5, No.2, Tahun 2018.
Busyro, Muhtarom, Shorof Praktis “Metode Krapyak”, (Yogyakarta: Menara Kudus
Yogyakarta, 2019).
Chaer, Abdul, Psikolinguistik Kajian Teoritik, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003).
40
Fathoni, Hanif, Pembentukan Kata dalam Bahasa Arab (sebuah Analisis Morfologis
“K-TB”), Jurnal At Ta’dib, UNIDA Gontor, Fakultas Pendidikan, Vol. 8
No. I, Juni 2013.
Fitriansyah, Fifit, Analisis Isi Buku Teks Teknologi Media Pembelajaran Sebagai
Sumber Belajar Mahasiswa, Jurnal Humaniora dan Bina Sarana
Informatika, Cakrawala, Vol.19, No.2, September 2019.
Hasanah, Zuriatun, Model Pembelajaran Koopertif dalam Menumbuhkan Keaktifan
Belajar Siswa, Jurnal Irsyaduna; Jurnal Studi Kemahasiswaan, Vol. 1, No.
1, April 2021.
Hairani, Esi dkk., Kohesi Metode Tamyiz dalam Pelajaran Bahasa Arab di Pesantren
Takhassus Bayt Tamyiz Indramayu, Jurnal Misykat, Vol. 3 No. 2 Desember
2018.
Istarani, Model Pembelajaran Inovatif, Referensi Guru dalam Menentukan Model
Pembelajaran, dalam Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 3, No. 1 Tahun
2019.
Nafi’I, Wildan, ‘Ilmu as shorfi: nasyatuhu watathowwuruhu, Jurnal El Wasathiyah:
Jurnal Studi Agama, Vol.4, No.2, Desember 2016.
Nursyamsi, Asep, Diktat Ilmu Shorof, (Tasikmalaya: Ponpes Cipasung, 2018).
Purnomo, Eko, Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik melalui Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Mind Mapping dengan Aplikasi Microsoft Teams pada
Pelajaran Sosiologi Materi Masalah Sosial Kelas XI IPS Semester Gasal di
SMAN 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021, Jurnal Habitus; Jurnal
Pendidikan Sosiologi dan Antrolpologi, Vol. 4 No. 1 Tahun 2020.
Ramlan, Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif, dalam Jurnal Bahasa dan Sastra,
Vol.5, No.3, Tahun 2020. h. 24.
Raswan, Dialek Laki-laki dan perempuan dalam konteks Bahasa Arab, Jurnal
Pendidikan Bahasa Arab, Al Mahāra, UIN Syarif Hidayatullah, Vol. 5, No.
2, Tahun 2019.
Safitri, Eka, Penerapan Metode Krapyak dalam Pembelajaran Saraf di Pesantren,
Jurnal Al-Bayan, Vol.9, No.2, Tahun 2019.
Salih Samak, Muhammad, Fann at Tadrīs li at Tarbiyah al Lughawiyah; wa
Inṭibā’ātiha al Maslakiyah wa Anmāṭihā al ‘Amaliyah, (Kairo: Dār al fikr al
‘Arabi, 1998).
41
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru
Sekolah Dasar UPI, Vol. 5, No. 1, Tahun 2018.
Syahatah, Hasan, Ta’līm al Lughah al ‘Arobiyah baina an Naẓariyah wa at Taṭbīq,
(Kairo: ad Dār al Miṣriyah al Libnāniyah).
Syaripudin, Undang dkk., Pembuatan Game Ilmu Shorof (Tashrief) sebagai Media
Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal UIN Sunan Gunung Djati, Istek, Vol. VI.
No. 1-2, Juli 2012.
Tarsyidin, Diktat Majmu’ shorfi, (Tasikmalaya: Ponpes Cipasung, 2017).
Terjemahan dari Ahmad Musthafa Al Maraghi Bek dan Muhammad Salim Ali,
Tahdzib at Taudlih qism as sorf, (Mesir: Al Maktabah at Tajriyah al Kubra)
Juz II.
Yunus, Mahmud, Metodik Khusus Bahasa Arab (Bahasa Al Qur’an), (Jakarta: PT.
Hidakarya Agung).