PENERAPAN PROGRAM KUNJUNGAN RUMAH DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

  • Arni Mahyudi
Keywords: kunjungan rumah, pembelajaran bahasa indonesia

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan sejak jenjang
pendidikan dasar sampai ke perguruan tinggi. Pembelajaran bahasa Indonesia yang
dilakukan di tingkat sekolah dasar dengan pembelajaran daring memang dirasakan
belum begitu optimal dikarenakan kendala tidak semua siswa yang memiliki media
telepon genggam. Di samping itu, kendala jaringan komunikasi juga menjadi hal
yang patut dipertimbangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis
studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data,
dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi
sumber untuk memperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa program kunjungan rumah yang dilaksanakan guru bahasa
Indonesia ada beberapa tahap yaitu tahap observasi, perencanaan, pelaksanaan,
evaluasi, dan tindak lanjut.

References

Al Ihwanah, “Problematika Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Pada Era
Pandemi Covid-19”, JIEES, Vol. 1, No. 2, (2020).
Budiyanto, Moch Agus Krisno, Model Pembelajaran dalam Student Centered
Learning (SCL), Malang: UMM Press, 2016.
Djumingin, Sulastriningsing, Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif
Bahasa dan Sastra, Makasaar: UNM, 2016.
74
Farhrohman, Oman, “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI”
Primary, Vol. 09, No. 01, (2017).
Hallen, Bimbingan dan Konselling dalam Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Herliandry, Luh Devi, dkk, “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal
Teknologi Pendidikan, Vol. 22, No. 1, (2020).
Kurniawan, Masda Satria, Okto Wijayanti, dan Santhy Hawanti, “Problematika dan
Strategi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah Sekolah
Dasar”, JRPD, Vol. 01 No. 01, (2020).
Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi,
Bandung: RemajaRosdakarya, 2004.
Nurihsan, Achmad J, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Bandung: Mutiara,
2003.
Prayitno dan Amti, Erma, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka
Cipta, 2004.
Sudrajat, Akhmad, Mengatasi Masalah Siswa melalui Layanan Konseling Individual,
Yogyakarta: Paramitra Publishing, 2011.
Tohirin. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi),
Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Ummah, Nur Azimatul, dkk, “Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Kelas IV
Sekolah Dasar.” Wanastra, Vol. 12, No. 2, (2020).
Widayati, Sri, “Peranan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa” Jurnal Elsa, Vol. 17, No.
01, (2019).
Winata, Koko Adya, “Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi”, Jaeducation, Vol.4,
No.1, (2021).
Wulan, dkk, Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013, Bandung:
Pustaka Setia, 2014.
Yani, Tri Andra dan Cintya Nurika Irma, “Keterlibatan Orang Tua Dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi pada Siswa SD Negeri 02
Pengarasan Kecamatan Bantarkawung”, Metalingua, Vol. 06, No. 1, (2021).
Yantoro, dkk, “Inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi COVID-19”, JPPI,
Vol. 7, No. 1, (2021).
Published
2021-08-12
How to Cite
Mahyudi, A. (2021, August 12). PENERAPAN PROGRAM KUNJUNGAN RUMAH DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. FIKRUNA, 3(2), 58-74. https://doi.org/https://doi.org/10.56489/fik.v3i2.45