PENDIDIKAN SOSIAL PERSPEKTIF AL-QUR’AN

  • Ria Susanti
Keywords: Social Education, Perspective, Al-Quran

Abstract

Banyak persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat zaman sekarang. Banyak contoh-contoh permasalahan yang melibatkan masyarakat sebagai makhluk sosial dan berbudaya. Permasalahan yang terjadi pada masyarakat tersebut dikategorikan dalam istilah konflik sosial. Konflik sosial yang sering terjadi khususnya di negara kita Indonesia adalah seperti; kerusuhan antar desa, tawuran antar pelajar, penistaan agama, dan lain sebagainya.

Melihat sejumlah konflik sosial tersebut, muncul sebuah pertanyaan ada apa dengan sosial kemasyarakatan pada masa sekarang. Maka pada artikel ini, penulis akan mendeskrifsikan bagaimana pendidikan sosial berdasarkan pandangan ayat-ayat Al-Qur’an. Dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana konsep Pendidikan sosial kemasyarakatan yang terkandung dalam Al-Qur’an, dan 2) Bagaimana analisis nilai-nilai pendidikan sosial kemasyarakatan dalam Al-Qur’an terhadap pengembangan Pendidikan Islam.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrifsikan bagaimana pendidikan sosial kemasyarakatan berdasarkan pandangan dari kandungan ayat-ayat Al-Qur’an. Dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dan metode content analysis.

Artikel ini mendapati bahwa gambaran masyarakat ideal dalam Al-Qur’an yaitu disebut sebagai masyarakat Mardhatillah yang bercirikan; ummat yang satu, terdiri dari berbagai suku-bangsa, bermusyawarah dalam setiap urusan, tegaknya keadilan, adanya persatuan, tidak ada saling menghina antar sesama, serta adanya pemimpin yang berwibawa dan taat kepada Allah SWT. Kemudian implikasi nilai-nilai pendidikan sosial bermasyarakat yang terdapat dalam Al-Qur’an untuk pengembangan ilmu Pendidikan Agama Islam adalah berorientasi kepada: 1) Pendidikan bertujuan untuk membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah; 2) Persamaan derajat sosial masyarakat; 4) Penanaman sikap menyeru kepada kebaikan dan menghindari keburukan“Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar”; 5) Pendidikan sikap mental mau berubah ke arah kemajuan; 6) Pendidikan sikap keadilan dalam bermasyarakat. Artikel ini sangat berguna sebagai analisis terhadap materi kurikulum PAI khususnya tentang pendidikan sosial perspektif Alquran.

References

Abul Fida Isma’il Ibnu Kasir Ad-Dimasyqi, Al-Imam, Tafsir Ibnu Kasir, Bandung, Sinar Baru Al-Gensindo, 2005.

Ali As-Shabuni, Muhammad, Shafwah At-Tafasir, Bairut, Al-Maktabah Al-Assryah, 2011.

Al-Ma’labaki, Munir, Maurid Al-Asasi-Qamus Injlizy-Arabi, Bairut, Daar Al-I’lmi Lil Mulayiin, 2002.

Arikunto, S., Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Bina Usaha, 1980.

Gojali, Nanang, Tafsir Hadis Tentang Pendidikan, Bandung, CV. Pustaka Setia, 2013.

HD, Kaelany, Islam & Aspek-aspek Kemasyarakatan, Jakarta, PT. Bumi Aksara, 2000.

Khaldun, Ibn, Filsafat Islam tentang Sejarah, (terj.) Charles Iswawi, dari judul asli An Arab Philosophy of History, Jakarta, Tintamas. Cet. II, 1976.

Al-Syaukani, Muhammad Bin Ali Bin Muhammad, Fathul Qadir, Manshurah, daar Al-Wafa’liththibaa’ah wannasyri wattauji’, 1994.

Muhammad, Hasyim, Tafsir Tematis Al-Qur’an & Masyarakat Membangun Demokrasi dalam Peradaban Nusantara, Yogyakarta, Teras, 2007.

Munjid Fillugati wal A’lam, Bairut, Daar al-Masyriq, 1998.
Muthahhari, Murthada, Masyarakat dan Sejarah, (terj.) M. Hashem dari judul asli Society and History. Bandung: Mizan. Cet.I. 1986.

Nata, Abuddin, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan (Tafsir Al-Ayat Al- Tarbawiy), Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada, 2002.

Nor, Asikin, Dkk., Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an, Banjarmasin, IAIN Antasari Press, 2013.

Shihab, M. Quraish, Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung, Mizan, 1996.

Stempel, G. H., Content Analysis, terj. Jalaludin Rahmat dan Arko Kasta, Bandung, Arai Komunikasi, 1983.

Subagyo, J., Metode Penelitian dan Praktek, Jakarta, Rhineka Cipta, 1991.

Syari’ati, Ali, Tentang Sosiologi Islam, Jakarta, Ananda, 1982.
Published
2022-02-11
How to Cite
Susanti, R. (2022, February 11). PENDIDIKAN SOSIAL PERSPEKTIF AL-QUR’AN. FIKRUNA: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 4(1), 21-37. https://doi.org/https://doi.org/10.56489/fik.v4i1.54