PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU

  • Adiyono Adiyono
Keywords: Gaya Kepemimpinan, Demokratis, Kepala Madrasah, Kinerja Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Umum Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah MA Al-Ihsan Kabupaten Paser, Kinerja Guru, dan Pengaruhnya Terhadap Gaya Kepemimpinan Demokratis Pemimpin Madrasah terhadap Kinerja Guru MA Al-Ihsan. Survei ini merupakan survei kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru MA Al-Ihsan Kab. Paser sebanyak 27 orang. Peralatan survei menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, gaya kepemimpinan demokratis Kepala Madrasah sangat tinggi, yaitu 88,88%. Kedua, guru kategori tinggi mencapai 55,56% dan kategori sedang mencapai 44,44%. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan demokratis kepala madrasah terhadap kinerja guru MA Al-Ihsan. Hal ini ditunjukkan pada Hitung> Tabel (0,796> 0,277).

References

Adiyono, Maulida, L. (2021). Upaya Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Tsanawiyah HUBBUL WATHAN NW Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Revolusi Indonesia, 1(3), 149-158.
Andira. Hasan Taufan Rahman, “Inggris di SMP Swasta se-Kabupaten Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru Bahasa Garut”, (Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2014.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Chairunnisa, Connie . Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif. Jakarta: Rajawali Press, 2016.
E. Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013.
Eliyas, A. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Terhadap Iklim Organisasi Di MTsN 1 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Fatah, Nanang. Manajemen Berbasis Sekolah (Strategi Pemberdayaan Sekolah dalam Rangka Peningkatan Mutu dan Kemandirianekolah). Bandung: CV.
Hasan, Basri. Kepemimpinan Kepala Sekolah . Bandung: Pustaka Setia, 2014.
Hasibuan, Malayu. Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.
Jamal. Tugas Guru Dalam Pembelajaran. Bandung: Alpabeta, 2002.
Karwati, Euis . Manajemen Kelas Bandung: Alfabeta, 2014. Kusjainah. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan: Model
M.Athoillah, Dasar-dasar Manajemen. Bandung: UIN SDG,2010.
Muslihah , Eneng. Kinerja Kepala Sekolah . Jakarta: Hajamandiri, 2014.
Pengujian dengan Variabel Mediasi”. Dalam Telaah Bisnis, Vol. 16, No. 1 (2015)
Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.
Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan SPSS, Jakarta: Kencana, 2017.
Sobry, Sutikno. Manajemen Pendidikan, Lombok: Holistica, 2012.
Subana dkk, Statisktik Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009.
-----------, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009.
-----------, Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2016.
Sumodiningrat, Sumodiningrat & Ary Ginanjar Agustian, Mencintai Bangsa dan Negara Pegangan dalam Hidup Berbangsa dan Bernegara di Indonesia, Bogor: PT. Sarana Komunikasi Utama, 2008.
Supardi, Kinerja Guru, Jakarta: Rajawali Press, 2016.
Taniredja, Tukiran. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar), Alfabeta: Bandung, 2011.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005
Veithza, Rivai. Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Published
2022-02-11
How to Cite
Adiyono, A. (2022, February 11). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU. FIKRUNA Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 4(1), 50-63. https://doi.org/https://doi.org/10.56489/fik.v4i1.56