PENGARUH INTERAKSI GURU DAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTsN 7 HULU SUNGAI UTARA

  • Helmiannoor Helmiannoor STAI Rakha Amuntai
  • Rudi Rudi STAI RAKHA Amuntai
Keywords: Pengaruh, Interaksi Guru dan Siswa, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Fikih, MTsN 7 HSU

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTsN 7 Hulu Sungai Utara yang belum memuaskan, hal ini diduga karena interaksi guru dan siswa yang masih kurang aktif atau kurang percaya diri ketika berinteraksi dengan guru sehingga terjadi kurang adanya keakraban dari guru dan siswa terhadap perhatian materi fikih yang mengakibatkan hasil belajar fikih masih belum maksimal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 140 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling) yaitu teknik sampling yang digunakan oleh peneliti jika peneliti mempunyai kriteria tertentu, dalam hal ini yang menjadi sampel adalah kelas yang memiliki nilai hasil belajar fikih dibawah KKM yakni di bawah nilai 70 yang berjumlah 57 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumenter dan angket. Data diolah dengan teknik editing, koding, skoring, tabulating dan interpretasi data serta menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) interaksi guru dan siswa pada mata pelajaran fikih di MTsN 7 Hulu Sungai Utara masuk dalam kriteria cukup baik dengan hasil rata-rata 41,19. (2) Tidak terdapat pengaruh antara interaksi guru dan siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTsN 7 Hulu Sungai Utara yakni sebesar 0,0846 dan berada pada kriteria sangat rendah. (3) Tidak terdapat signifikansi pengaruh antara interaksi guru dan siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTsN 7 Hulu Sungai Utara, yang ditunjukan dengan nilai r koefisien korelasi product moment (0,0846) kurang dari rt taraf 5 % (0,2201) dan 1 % (0,3074) dan hipotesis ditolak.

References

Abdullah, Aminol Rosid, Capailah Prestasimu, Batu: Guepedia, 2019.

Abdullah, Ma’ruf, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Banjarmasin: Aswaja Pressindo, 2015.

Abubakar, Rifa’i, Pengantar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga, 2020.

Ananda, Rusydi, Rifa’I, Muhammad dan Nasution, Juara Monang, Pengaruh Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam. Jurnal Basicedu. Vol. 6 No. 1, 2022.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemah, Jakarta: CV Toha Putra, 2002.

Desmita, Yulia, Suarman and Gimin, Pedagogic and Professional Competencies of Social Science Subject Teachers in Relation to Motivation and Learning Achievement, Journal of Education Sciences, Vol. 5, No.1, 2021.

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Edisi Revisi, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014.

Fahyuni, Eni Fariyatul dan Istikomah, Psikologi Belajar dan Mengajar, Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016.

Fathurrohman, Muhammad, Belajar dan Pembelajaran Modern, Yogyakarta: Garudhawaca, 2017.

Hairun, Yahya, Evaluasi dan Penilaian dalam Pembelajaran, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020.

Johar, Rahmah dan Hanum, Latifah, Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi, Aceh: Syiah Kuala University Press, 2021.

Johar, Rahmah dan Hanum, Latifah, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2016.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kamus versi online/daring (dalam jaringan), diakses pada 21 Desember 2021.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kamus versi online/daring (dalam jaringan), diakses pada 1 April 2022.

Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Republik Indonesia Nomor 5162 Tahun 2018, Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar Pada Madrasah Tsanawiyah, Jakarta: tp, 2018.

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 165 Tahun 2014, Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab, Jakarta: Departemen Agama.

Makki, M. Ismail dan Aflahan, Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran, Pamekasan: Duta Media, 2019.

Mayasari, Intan, Arafat, Yasir and Setiawan, Andi Arif, The Effect of Principal Leadership and Teacher Performance Toward Student Achievement, Journal of Social Work and Science Education, Vol. 2, No.2, 2021.

Mulyaningsih, Indrati Endang, Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 20 No. 4, 2014.

Musa, Muhammad Yusuf, Pengantar Studi Fikih Islam, Terj. Muhammad Misbah, Jakarta: Al-Kausar, 2014.

Napitupulu, Dedi Sahputra, Proses Pembelajaran Melalui Interaksi Edukatif Dalam Pendidikan Islam. Tazkiya. Vol.8 No.1, 2019.

Nofrion, Komunikasi Pendidikan Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2016.

Nuraedah, Sosiologi Pendidikan Dari Masyarakat Hingga Ketidaksetaraan Gender Dalam Pendidikan, Yogyakarta: CV Nas Media Pustaka, 2022.

Octavia, Shilphy A., Model- Model Pembelajaran, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020.

Ridlo, Moh. Lutfi, Nur, Iffatin, Maftukhin and Akhyak, Fiqh of Reciprocity (Exploring the Concept of Construction and Deconstruction of the Rights of Guardianship of Children; Perspectives of the Indonesian Islamic Marriage Registrar Association and the Indonesian Family Law Lecturers Association), Technium Social Sciences Journal, Vol. 28, 2022.

Rosyid, Moh. Zaiful, dkk., Prestasi Belajar, Malang: CV Literasi Nusantara Abadi, 2019.

Rosyid, Moh. Zaiful., Prestasi Belajar Edisi 2, Malang: CV Literasi Nusantara Abadi, 2021.

Shahar, Muhammad Arif, The Role of Modern Medicine in Clarifying Definitions in Islamic Jurisprudance (Ta’rifaats fi al-Fiqh), IMJM, Vol. 17, No.3, 2018.

Siyoto, Sandu dan Sodik, M. Ali, Dasar Metodologi Penelitian, Kediri: Literasi Media Publishing, 2015.

Syahid, Akhmad Mawardi, Bagaimana Manusia Belajar, Amuntai: Oksigen Anak Banua, 2013.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: tp, 2003.

Zainal, Veithzal Rivai, Kamal, Haryadi dan Muhammad, Natsir, The Economics of Education Mengelola Pendidikan Secara Profesional untuk Meraih Mutu dengan Pendekatan Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2014.
Published
2022-07-12
How to Cite
Helmiannoor, H., & Rudi, R. (2022, July 12). PENGARUH INTERAKSI GURU DAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTsN 7 HULU SUNGAI UTARA. FIKRUNA, 4(2), 39-68. https://doi.org/https://doi.org/10.56489/fik.v4i2.64