EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI: STUDI EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MTS ASH SHABIRIN SAMARINDA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di MTs Ash Shabirin Samarinda. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui efektif atau tidaknya pengunaan video animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih di MTs Ash Shabirin Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Ash Shabirin Samarinda. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-postest control group design, yakni untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji non parametrik karena data tidak berdistribusi normal, yakni uji Wilcoxon dan uji hipotesisnya menggunakan uji mann whitney. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang di ujji dengan bantuan aplikasi IBM SPSS version 24 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar fiqh menggunakan video animasi lebih tinggi daripada rata-rata nilai hasil belajar fiqh tanpa menggunakan video animasi. Adapun hasil uji hipotesis mann-whitney menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,040 < 0,05 yang artinya hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Ash Shabirin Samarinda.
References
Apriyansyah, Muhammad Ridwan et.al., “Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta”, Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, Vol.9, No.1, 2020.
Cipto, Wardoyo Tunggul. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang tahun 2022.
Departermen Pendidikan Nasional. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Fernando, Andrew et.al., Pengembangan Media Pembelajaran, (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020), h. 66.
Oemar, Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara, 2006.
Puspita. “Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 9 Tangerang Selatan”. Skripsi. UIN Jakarta tahun 2020.
Voviyanto, Tri Suwarno Handoko et.al., “Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi”, Edusains, edisi no. 1, Vol. VII, 2015.
Wahyuddin dan Nurcahya, “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here (ETH pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Takalar”, dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika edisi no. 1, Vol. I, 2018.
Winkel,W.S. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia, 1987.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.