MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ORANG TUA SISWA BIDANG SARANA DAN PRASARANA

  • Sri Wartini DISPORA Kalimantan Timur
  • Laili Komariah Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Lambang Subagiyo Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Warman Warman Universitas Mulawarman, Samarinda
Keywords: Manajemen berbasis sekolah, keterlibatan orang tua, sarana dan prasarana sekolah.

Abstract

School-Based Management (SBM) is an approach that grants schools autonomy in managing educational processes and resources. One of the main challenges of SBM is the low level of parental participation, particularly in terms of facilities and infrastructure. Parental involvement is crucial for improving the quality of education and directly impacts the enhancement of school facilities. This article discusses the importance of parental participation in the development of school infrastructure, identifies the factors that influence parental involvement, and suggests strategies to increase their engagement. By building effective communication, educating parents about their roles in school development, and organizing social activities such as community service or fundraising events, schools can encourage greater parental involvement. Such initiatives not only improve school facilities but also strengthen the relationship between parents and the school community. Increased parental involvement in managing school resources ultimately leads to a more conducive learning environment, supporting the overall goal of enhancing students' educational experience. Through collaboration, schools can ensure sustainable progress in both educational quality and school infrastructure.

References

Ahmadi, Mubarok, dan Tri Tami Gunarti. “Strategi Komunikasi Partisipatif Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.” ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, no. 1 (2023): 35–44.

Ajepri, Feska. “Kepemimpinan efektif dalam manajemen berbasis sekolah.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 6, no. 1 (2016): 89.

Amalia, Nia. “Pemberdayaan peran serta orangtua dalam pengembangan program sekolah di SD Insan teladan Parung Bogor,” 2020, 37.

Andriani, Lyli. “Model kerjasama peningkatan mutu pendidikan antara madrasah Mualimin Mualimat Muhammadiyah Purwokerto dengan Lazismu Banyumas.” Master’s Thesis, Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri (Indonesia), 2023.

Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Aristiyanto, Roma. “Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Madrasah di Indonesia Pada Era Modern.” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan 3, no. 2 (2023): 101–8.

Asdrayany, Dessi, Dimas Zuhri Ahmad, Anis Zohriah, dan Machdum Bachtiar. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Pondok Pesantren.” Journal on Education 5, no. 4 (2023): 16129–42.

Aziz, Ahmad Zaini. “Manajemen berbasis sekolah: alternatif peningkatan mutu pendidikan madrasah.” El-Tarbawi 8, no. 1 (2015): 69–92.

Devi, Aulia Diana. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas di Sekolah Menengah Pertama.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 3 (2021): 10.

Febrina, Mira, dan Zulfani Sesmiarni. “Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan di Sekolah Islam: Implementation of Educational Quality Management in Islamic Schools.” Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam 5, no. 2 (2024): 433–52.

Firdianti, Arinda, dan M. Pd. Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Gre Publishing, 2019.

Idris, Husni, Rabiatul Adawiyah, Kautsar Eka Wardhana, dan Qurrotu Ainii. “Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Dalam Pembelajaran PAI di SMA.” TARSIUS: Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif & Humanis 5, no. 2 (2023): 62–68.

Ismanto, Hadi, Nurul Hidayati Murtafiah, dan Sri Lestari. “Implementasi Peran Komite Sekolah Dalam Pelaksanaan Manajemen BERBASIS Sekolah Di Sma Negeri 1 Bakauheni Lampung Selatan.” Unisan Jurnal 1, no. 1 (2022): 491–501.

Jannah, Miftahul, Hidayati Hidayati, dan Awida Awida. “Strategi kepala sekolah dalam membina hubungan dengan komite sekolah.” PRODU: PROKURASI EDUKASI-JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM 3, no. 1 (2021): 56.

Khairunnisa, Ulfih Qori. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Pada Madrasah Unggulan.” PhD Thesis, Institut PTIQ Jakarta, 2019.

Malik, Lina Revilla, dan Kautsar Eka Wardhana. “Strategi Bauran Pemasaran Marketing Mix 7P Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdhatul Ulama Samarinda.” Knowledge Advancements in Teaching Strategies and Research 1, no. 2 (2023): 75.

Marisa, Jesi, Rini Puspitasari, dan Amanah Rahma Ningtyas. “Peran Orang Tua Pendulang Emas Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Aud 4-6 Tahun di Tk Al-Hikmah Desa Pulau Kidak.” PhD Thesis, IAIN Curup, 2022.

Muliyana, Muliyana, dan Kautsar Eka Wardhana. “Meningkatkan kemampuan berbahasa dengan bermain peran pada anak usia dini.” BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal 1, no. 2 (2022): 115–24.

Nurhayati, Nurhayati, Apriyanto Apriyanto, Jabal Ahsan, dan Nurul Hidayah. Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

Rahmat, Abdul, dan Rusmin Husain. Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Perbaikan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Zahir Publishing, 2020.

Tangkudung, Ernny Ningsy, Elni J. Usoh, dan Shelty DM Sumual. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Pada SD Negeri 2 Kema Kabupaten Minahasa Utara.” JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 8, no. 3 (2023): 1190.

Uno, Hamzah B., dan Nurdin Mohamad. Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara, 2022.

Warta, Waska, Kursih Sulastriningsih, dan Dewi Umronih. “Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (Spmi) Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan: Implementation of the Internal Quality Assurance System (SPMI) in Improving the Quality of Education Services.” Technomedia Journal 9, no. 1 (2024): 17.
Published
2025-05-25
How to Cite
Wartini, S., Komariah, L., Subagiyo, L., & Warman, W. (2025, May 25). MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ORANG TUA SISWA BIDANG SARANA DAN PRASARANA. FIKRUNA: Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 7(3), 1089-1103. https://doi.org/https://doi.org/10.56489/fik.v7i2.359