MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ORANG TUA SISWA BIDANG SARANA DAN PRASARANA
Abstrak
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan pendekatan yang memberikan otonomi kepada sekolah dalam mengelola proses dan sumber daya pendidikan. Salah satu tantangan utama SBM adalah rendahnya tingkat partisipasi orang tua, terutama dalam hal fasilitas dan infrastruktur. Keterlibatan orang tua sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dan secara langsung berdampak pada peningkatan fasilitas sekolah. Artikel ini membahas pentingnya partisipasi orang tua dalam pengembangan infrastruktur sekolah, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keterlibatan orang tua, dan menyarankan strategi untuk meningkatkan keterlibatan mereka. Dengan membangun komunikasi yang efektif, mendidik orang tua tentang peran mereka dalam pengembangan sekolah, dan menyelenggarakan kegiatan sosial seperti kerja bakti atau penggalangan dana, sekolah dapat mendorong partisipasi orang tua yang lebih besar. Inisiatif semacam itu tidak hanya meningkatkan fasilitas sekolah tetapi juga memperkuat hubungan antara orang tua dan komunitas sekolah. Meningkatnya keterlibatan orang tua dalam mengelola sumber daya sekolah pada akhirnya mengarah pada lingkungan belajar yang lebih kondusif, yang mendukung tujuan keseluruhan untuk meningkatkan pengalaman pendidikan bagi siswa. Melalui kolaborasi, sekolah dapat memastikan kemajuan berkelanjutan baik dalam kualitas pendidikan maupun infrastruktur sekolah.
Referensi
Ajepri, Feska. �Kepemimpinan efektif dalam manajemen berbasis sekolah.� Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 6, no. 1 (2016): 89.
Amalia, Nia. �Pemberdayaan peran serta orangtua dalam pengembangan program sekolah di SD Insan teladan Parung Bogor,� 2020, 37.
Andriani, Lyli. �Model kerjasama peningkatan mutu pendidikan antara madrasah Mualimin Mualimat Muhammadiyah Purwokerto dengan Lazismu Banyumas.� Master�s Thesis, Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri (Indonesia), 2023.
Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.
Aristiyanto, Roma. �Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Madrasah di Indonesia Pada Era Modern.� Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan 3, no. 2 (2023): 101�8.
Asdrayany, Dessi, Dimas Zuhri Ahmad, Anis Zohriah, dan Machdum Bachtiar. �Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Pondok Pesantren.� Journal on Education 5, no. 4 (2023): 16129�42.
Aziz, Ahmad Zaini. �Manajemen berbasis sekolah: alternatif peningkatan mutu pendidikan madrasah.� El-Tarbawi 8, no. 1 (2015): 69�92.
Devi, Aulia Diana. �Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas di Sekolah Menengah Pertama.� Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 3 (2021): 10.
Febrina, Mira, dan Zulfani Sesmiarni. �Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan di Sekolah Islam: Implementation of Educational Quality Management in Islamic Schools.� Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam 5, no. 2 (2024): 433�52.
Firdianti, Arinda, dan M. Pd. Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Gre Publishing, 2019.
Idris, Husni, Rabiatul Adawiyah, Kautsar Eka Wardhana, dan Qurrotu Ainii. �Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Dalam Pembelajaran PAI di SMA.� TARSIUS: Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif & Humanis 5, no. 2 (2023): 62�68.
Ismanto, Hadi, Nurul Hidayati Murtafiah, dan Sri Lestari. �Implementasi Peran Komite Sekolah Dalam Pelaksanaan Manajemen BERBASIS Sekolah Di Sma Negeri 1 Bakauheni Lampung Selatan.� Unisan Jurnal 1, no. 1 (2022): 491�501.
Jannah, Miftahul, Hidayati Hidayati, dan Awida Awida. �Strategi kepala sekolah dalam membina hubungan dengan komite sekolah.� PRODU: PROKURASI EDUKASI-JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM 3, no. 1 (2021): 56.
Khairunnisa, Ulfih Qori. �Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Pada Madrasah Unggulan.� PhD Thesis, Institut PTIQ Jakarta, 2019.
Malik, Lina Revilla, dan Kautsar Eka Wardhana. �Strategi Bauran Pemasaran Marketing Mix 7P Di Madrasah Ibtidaiyah Ma�arif Nahdhatul Ulama Samarinda.� Knowledge Advancements in Teaching Strategies and Research 1, no. 2 (2023): 75.
Marisa, Jesi, Rini Puspitasari, dan Amanah Rahma Ningtyas. �Peran Orang Tua Pendulang Emas Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Aud 4-6 Tahun di Tk Al-Hikmah Desa Pulau Kidak.� PhD Thesis, IAIN Curup, 2022.
Muliyana, Muliyana, dan Kautsar Eka Wardhana. �Meningkatkan kemampuan berbahasa dengan bermain peran pada anak usia dini.� BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal 1, no. 2 (2022): 115�24.
Nurhayati, Nurhayati, Apriyanto Apriyanto, Jabal Ahsan, dan Nurul Hidayah. Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.
Rahmat, Abdul, dan Rusmin Husain. Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Perbaikan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Zahir Publishing, 2020.
Tangkudung, Ernny Ningsy, Elni J. Usoh, dan Shelty DM Sumual. �Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Pada SD Negeri 2 Kema Kabupaten Minahasa Utara.� JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 8, no. 3 (2023): 1190.
Uno, Hamzah B., dan Nurdin Mohamad. Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara, 2022.
Warta, Waska, Kursih Sulastriningsih, dan Dewi Umronih. �Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (Spmi) Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan: Implementation of the Internal Quality Assurance System (SPMI) in Improving the Quality of Education Services.� Technomedia Journal 9, no. 1 (2024): 17.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##