TELAAH LITERATUR, KAJIAN TEKS DAN KONTEKS PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

  • Abdul Rahman Sidik UIN Antasari Banjarmasin
  • Hamdan Hamdan UIN Antasari Banjarmasin
  • Ani Cahyadi UIN Antasari Banjarmasin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah literatur, menganalisis teks, dan memahami konteks terkait peran keluarga dalam pendidikan Islam. Keluarga merupakan institusi pertama yang memiliki pengaruh signifikan dalam pembentukan karakter, nilai, dan identitas keagamaan anak. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian literatur untuk mengungkap pentingnya kontribusi keluarga dalam mendukung pembelajaran Islam, baik secara langsung melalui pengajaran dan keteladanan, maupun secara tidak langsung melalui lingkungan keluarga yang mendukung. Temuan menunjukkan bahwa keluarga memiliki fungsi strategis sebagai pendidik utama dan pertama, sekaligus sebagai pengasuh, pemimpin, dan teladan dalam membentuk moralitas dan spiritualitas anak. Faktor-faktor seperti kualitas pendidikan orang tua, lingkungan sosial, dan ekonomi keluarga memengaruhi efektivitas peran tersebut. Namun, tantangan seperti kesibukan orang tua, perkembangan teknologi, dan lingkungan yang kurang kondusif juga menjadi kendala dalam implementasi pendidikan Islam di rumah. Kajian ini memberikan kontribusi dalam memahami dinamika dan urgensi keterlibatan keluarga dalam pendidikan Islam sebagai upaya membentuk generasi berkarakter Islami yang unggul.

References

Agus, Zulkifli. “Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Ghazali.” Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah 3, no. 2 (17 Desember 2018): 21–38. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i2.28.

Anam, Ahmad Muzakkil, dan Rukiyati. “Peran Keluarga dalam Pendidikan: Kontekstualisasi Pemikiran Pestalozzi dan Imam al-Ghazali.” Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 24, no. 2 (2024).

Cholil, Mufidah. Psikologi Keluarga Islam Berwawasan Gender. Malang: UIN Maliki Press, 2014.

Djaelani, Moh. Solikodin. “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat.” Jurnal Ilmiah WIDYA 1, no. 2 (2013).

Fauzi, Fadil Yudia, Ismail Arianto, dan Etin Solihatin. “Peran Guru Pendidikan Pancasia dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Jurnal PPKN UNJ Online 1, no. 2 (2013).

Fauziah, Fuji, Akil, dan Acep Nurlaeli. “Peran Keluarga Dalam Pendidikan Islam.” Al-Afkar: Journal for Islamic Studies 5, no. 1 (11 Februari 2022): 257–81. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i1.243.

Haderani, Haderani. “Peranan Keluarga dalam Pendidikan Islam.” Ilmu Kependidikan Dan Kedakwahan XII, no. 24 (Desember 2019): 22–41.

Halili, Heri Rifhan, Lilik Saidah, dan Benny Prasetiya. “Peranan Keluarga Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (Desa Sumberkare Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo).” IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman 6, no. 1 (7 Maret 2022): 1–8. https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v6i1.182.

Hasbulloh. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Karo-Karo, Demmu. “Membangun Karakter Anak dengan Mensinergikan Pendidikan Informal dengan Pendidikan Formal.” Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed 2, no. 4 (2014).

Lestari, Sri. Psikologi Keluarga Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Lickona, Thomas. Educating for Character. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Mahmud. Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga. Jakarta: Akademia Permata, 2013.

Mutiah, Siti, Aulia Wulandari, dan Ahmad Humaidi. “Peran Keluarga Dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak.” Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 3, no. 2 (28 April 2024): 529–40. https://doi.org/10.55606/religion.v3i2.958.

Ningsih, Elisa Pitria. “Peran Keluarga dalam Membangun Kesadaran Keagamaan Anak Usia Dini: Perspektif Pendidikan Islam.” Al-Ilmu 1, no. 1 (2024).

Nur, Asma, dan Rusli Malli. “Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.” Islamic Journal: Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2022).

Rahayu, Dewi, Eneng Endah, Arifin Ahmad, Daeng Intan, dan Tyara Avillya Santika. “Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Dan Pembentukan Karakter Peserta Didik.” ANTHOR: Education and Learning Journal 2, no. 4 (27 Juni 2023): 551–54. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.202.

Rofiq, Ainur, dan Ismatun Nihayah. “Analisis Peran Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak,” t.t.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Subianto, Jito. “Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, no. 2 (26 Maret 2016). https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757.

Sujanto, Agus, Halim Lubis, dan Taufik Hadi. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Sukma, Sukma, Fitriah Hayati, dan Cut Marlini. “Peran Keluarga terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus di PAUD Gaseh Bunda di Kabupaten Aceh Besar).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan 2, no. 2 (2021). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/642.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Ulwan, Abdullah Nashih. Tarbiyat al-Aulad fi al-Islam. Vol. 2. Kairo: Dar al-Salam, 1997.
Published
2025-06-11
How to Cite
Sidik, A., Hamdan, H., & Cahyadi, A. (2025, June 11). TELAAH LITERATUR, KAJIAN TEKS DAN KONTEKS PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. FIKRUNA: Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 7(3), 954-968. https://doi.org/https://doi.org/10.56489/fik.v7i3.363