PERAN GURU AL-QUR�AN HADITS DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR�AN (Studi Kasus SMA Muhammadiyah Tanah Grogot Kab. Paser)

  • STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot
  • STIT Muhammadiyah Tanjung Redeb Kab. Berau
  • STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot

Abstrak

Latar Belakang masalah dalam penelitian ini memiliki permasalahan atau persoalan sehingga hasilnya tidak sesuai dengan diharapkan bersama. Kendala yang kemudian menjadi permasalahan tersebut diantaranya adalah siswa yang kurang paham dalam membaca Al-Quran baik secara makhorijul hurufnya hingga cara baca tajwidnya. Sehingga perlu diadakannya penelitian dengan tujuan untuk mengetahui Peran Guru Al-Quran Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMA Muhammadiyah.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan yang digunakan dalam bentuk penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah Tanah Grogot. Adapun subjek penelitian ini adalah Guru Al-Quran Hadits di SMA Muhammadiyah dan objek penelitian ini adalah Peran Guru Al-Quran Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMA Muhammadiyah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran Guru Al-Quran Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di SMA Muhammadiyah sudah sangat baik dimana Guru Al-Quran Hadits menjalankan perannya sebagai pengajar, pembimbing, evaluator dan kulminator dimana mencapai tingkat keberhasilan meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa di SMA Muhammadiyah.

Referensi

Ahmad Ali Rn., Artikel: � Bimbingan Akhlak Muslim� dalam Majalah Media Da�wah, Jakarta, DDIII, 1987

Amin Saiful, Mengaji Why Not?Cara Mudah Nan Praktis Untuk Memahirkan Baca Al-Qur�an, Malang, Umm Press, 2005

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta, 2002

Depdikbud. 2003. Undang-Undang RI NO.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang, Aneka Ilmu.

Dt. Tombak Alam, Ilmu Tajwid Populer 17 Kali Pandai, Jakarta, Bumi Aksara, 1995

Hamalik Oemar, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algesindo, 2000

Humam As�ad, Cara Cepat Belajar Tajwid Praktis, Yogyakarta, Tim Tadarus AMM, 2005

Indrakusuma Amir Daen, Pengantar Ilmu Pendidikan, Bandung, Usaha Nasional, T.th

Jalal, Abdul Fatah, Azas-azas Pendidikan Islam, Bandung, Diponegoro, 1987

Kartini Retno, Kemampuan Membaca Dan Menulis Huruf Al-Qur�an Pada Siswa SMP, Jakarta, Puslitbang Lektur Keagamaan, 2010

Manna Al-Qattan, Studi Ilmu-ilmu Al-Qur�an, Surabaya, CV Rasma Putra, 2009

Moleong Lexy. J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2007

Mughib Dan Muhammad Khair, Anakku Hafal Al-Qur�an, Solo, Qauna-Smart Media, 2005

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Bandung, Pt. Remaja Rosda Karya, 2015

Munawwir Ahmad Warson, Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia, Yogyakarta, Unit Pengadaan Buku-Buku Ilmiah Keagamaan Ponpses

Munir Ahmad dan Sudarsono, Ilmu Tajwid dan Seni Baca Al-Qur�an, Jakarta, PT Rineka Cipta, 1994

Naim Ngainun, Menjadi Guru Inspiratif Memberdayakan Dan Mengubah Jalan Hidup Siswa, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2009

Napitulu Dedi Sahputra, Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, Sukabumi: Haura Utama, 2020

Poerwardarminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 1976

Safitri Dewi, Menjadi Guru Profesional, Tembilahan Riau:PT.Indragiri Dot Com, 2019

Santoso Ananda dan S.Priyanto, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya, Kartika, 1995

Soenarto Ahmad, Pelajaran Tajwid Praktis dan Lengkap, Jakarta, Bintang Terang

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung, Alfabeta, 2019

Sukmadinata Nana Syaodih, Metodologi Penelitian, (Bandung, Remaja Rosdakarya, 2010

Supardi Ahmad, Pemikiran tentang Pendidikan Agama Islam, Bandung, Fak.Tarbiyah IAIN �SGD� 1986

Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung, Remaja Rosdakarya, 1995

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. II, Jakarta, Balai Pustaka, 1989

Tombak Alam, Metode Membaca Dan Menulis Al-Qur�an, Jakarta, Pt. Rineka Cipta, 2002

Undang-Undang Guru dan Dosen ( Uu Ri No. 14 Th. 2005), Jakarta, Sinar Grafika, 2008

Usman Moh Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung, Remaja Roesdakarya, 2002.
Diterbitkan
2024-12-14