PERAN GURU AL-QUR�AN HADITS DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR�AN (Studi Kasus SMA Muhammadiyah Tanah Grogot Kab. Paser)
Abstrak
Latar Belakang masalah dalam penelitian ini memiliki permasalahan atau persoalan sehingga hasilnya tidak sesuai dengan diharapkan bersama. Kendala yang kemudian menjadi permasalahan tersebut diantaranya adalah siswa yang kurang paham dalam membaca Al-Quran baik secara makhorijul hurufnya hingga cara baca tajwidnya. Sehingga perlu diadakannya penelitian dengan tujuan untuk mengetahui Peran Guru Al-Quran Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMA Muhammadiyah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan yang digunakan dalam bentuk penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah Tanah Grogot. Adapun subjek penelitian ini adalah Guru Al-Quran Hadits di SMA Muhammadiyah dan objek penelitian ini adalah Peran Guru Al-Quran Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMA Muhammadiyah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran Guru Al-Quran Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di SMA Muhammadiyah sudah sangat baik dimana Guru Al-Quran Hadits menjalankan perannya sebagai pengajar, pembimbing, evaluator dan kulminator dimana mencapai tingkat keberhasilan meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa di SMA Muhammadiyah.
Referensi
Amin Saiful, Mengaji Why Not?Cara Mudah Nan Praktis Untuk Memahirkan Baca Al-Qur�an, Malang, Umm Press, 2005
Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta, 2002
Depdikbud. 2003. Undang-Undang RI NO.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang, Aneka Ilmu.
Dt. Tombak Alam, Ilmu Tajwid Populer 17 Kali Pandai, Jakarta, Bumi Aksara, 1995
Hamalik Oemar, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algesindo, 2000
Humam As�ad, Cara Cepat Belajar Tajwid Praktis, Yogyakarta, Tim Tadarus AMM, 2005
Indrakusuma Amir Daen, Pengantar Ilmu Pendidikan, Bandung, Usaha Nasional, T.th
Jalal, Abdul Fatah, Azas-azas Pendidikan Islam, Bandung, Diponegoro, 1987
Kartini Retno, Kemampuan Membaca Dan Menulis Huruf Al-Qur�an Pada Siswa SMP, Jakarta, Puslitbang Lektur Keagamaan, 2010
Manna Al-Qattan, Studi Ilmu-ilmu Al-Qur�an, Surabaya, CV Rasma Putra, 2009
Moleong Lexy. J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2007
Mughib Dan Muhammad Khair, Anakku Hafal Al-Qur�an, Solo, Qauna-Smart Media, 2005
Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Bandung, Pt. Remaja Rosda Karya, 2015
Munawwir Ahmad Warson, Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia, Yogyakarta, Unit Pengadaan Buku-Buku Ilmiah Keagamaan Ponpses
Munir Ahmad dan Sudarsono, Ilmu Tajwid dan Seni Baca Al-Qur�an, Jakarta, PT Rineka Cipta, 1994
Naim Ngainun, Menjadi Guru Inspiratif Memberdayakan Dan Mengubah Jalan Hidup Siswa, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2009
Napitulu Dedi Sahputra, Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, Sukabumi: Haura Utama, 2020
Poerwardarminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 1976
Safitri Dewi, Menjadi Guru Profesional, Tembilahan Riau:PT.Indragiri Dot Com, 2019
Santoso Ananda dan S.Priyanto, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya, Kartika, 1995
Soenarto Ahmad, Pelajaran Tajwid Praktis dan Lengkap, Jakarta, Bintang Terang
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung, Alfabeta, 2019
Sukmadinata Nana Syaodih, Metodologi Penelitian, (Bandung, Remaja Rosdakarya, 2010
Supardi Ahmad, Pemikiran tentang Pendidikan Agama Islam, Bandung, Fak.Tarbiyah IAIN �SGD� 1986
Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung, Remaja Rosdakarya, 1995
Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. II, Jakarta, Balai Pustaka, 1989
Tombak Alam, Metode Membaca Dan Menulis Al-Qur�an, Jakarta, Pt. Rineka Cipta, 2002
Undang-Undang Guru dan Dosen ( Uu Ri No. 14 Th. 2005), Jakarta, Sinar Grafika, 2008
Usman Moh Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung, Remaja Roesdakarya, 2002.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##