LANDASAN FILOSOFIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI: (STUDI KASUS PADA ANAK AUTIS DI SLB NEGERI GARUT BAG. B)

  • Universitas Pendidikan Indonesia
Kata Kunci: Pembelajaran berdiferensiasi pada siswa autis, Autisme, Nilai filosofis pembelajaran berdiferensiasi, pendidikan inklusif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi landasan filosofis dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi bagi anak autis di SLB Negeri Garut Bagian B. Pembelajaran berdiferensiasi dianggap penting untuk menanggapi kebutuhan, minat, dan kemampuan siswa dengan kebutuhan khusus seperti autisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dengan guru dan orang tua, serta analisis dokumen terkait kurikulum dan strategi pembelajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa landasan filosofis pembelajaran berdiferensiasi di SLB Negeri Garut didasarkan pada tiga prinsip utama: konstruktivisme, pragmatisme, dan etika pedagogis yang menghargai keberagaman kognitif dan sosial emosional siswa. Implementasi strategi ini berdampak positif pada peningkatan keterlibatan siswa, penguasaan keterampilan akademik, dan perkembangan kemampuan sosial-emosional mereka. Pembelajaran yang diterapkan berfokus pada penghargaan terhadap keberagaman individu, adaptasi metode pengajaran, serta pengembangan potensi holistik siswa. Penyesuaian kurikulum dan penggunaan pendekatan multisensori menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan kemampuan siswa autis. Namun, terdapat tantangan dalam penyediaan sumber daya, pelatihan guru, dan dukungan kebijakan yang konsisten Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan pendidikan inklusif di Indonesia.

Kata Kunci: pembelajaran berdiferensiasi, landasan filosofis, pendidikan inklusif, anak autis

Referensi

Ali, M., Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan, Bandung, Pustaka Cendikia Utama, 2010.

American Psychiatric Association, Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5), Arlington, VA, American Psychiatric Publishing, 2013.

Arikunto, S., Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Yogyakarta, Penerbit Rieka Cipta, 2010.

Ayres, A. J., Sensory Integration and the Child, Los Angeles, CA, Western Psychological Services, 1972.

Badan Standar Nasional Pendidikan, Panduan Pengembangan Indikator, Jakarta, Badan Standar Nasional Pendidikan, 2010.

Bahri, A., Pendidikan Inklusif dalam Perspektif Keadilan Sosial, Jurnal Pendidikan Inklusif, Vol. 8, No. 2, 2021, hlm. 45�58.

Borg, W. R., & Gall, M. D., Educational Research: An Introduction, Boston, Pearson, 2003.

Braun, V., & Clarke, V., Using Thematic Analysis in Psychology, Qualitative Research in Psychology, Vol. 3, No. 2, 2006, hlm. 77�101.

Creswell, J. W., Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, Thousand Oaks, CA, Sage Publications, 2014.

Dewey, J., Experience and Education, New York, Macmillan, 1938.

Dunn, W., The Sensory Profile: Examiner�s Manual, Psychological Corporation, 2001.

Freire, P., Pedagogy of the Oppressed, New York, Herder and Herder, 1970.

Grandin, T., The Way I See It: A Personal Look at Autism and Asperger's, Future Horizons, 2015.

Handojo, Y., Autisme pada Anak, Bandung, BIP Kelompok Gramedia, 2014.

Koswara, D., Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Autis, Jakarta, Luxima, 2013.

Kvale, S., Doing Interviews, Thousand Oaks, CA, Sage Publications, 2007.

Lord, C., Elsabbagh, M., Baird, G., & Veenstra-Vanderweele, J., Autism Spectrum Disorder, The Lancet, Vol. 392, No. 10146, 2020, hlm. 508�520.

Mutmainah, S., & Rofek, A., Model-Model Pembelajaran, Malang, Literasi Nusantara, 2022.

Patton, M. Q., Qualitative Research and Evaluation Methods, Thousand Oaks, CA, Sage Publications, 2015.

Prizant, B. M., et al., The SCERTS Model: A Comprehensive Educational Approach for Children with Autism Spectrum Disorders, Baltimore, Brookes Publishing, 2006.

Sarwono, J., Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta, Graha Ilmu, 2006.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta, 2013.

Surachmad, Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar Metode Teknik, Bandung, Tarsito, 1982.

Suyatna, A., Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa, Bandung, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, 1994.

Tomlinson, C. A., How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms, Alexandria, VA, ASCD, 2001.

Tomlinson, C. A., The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners, Alexandria, VA, ASCD, 2014.

Vygotsky, L. S., Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes, Cambridge, MA, Harvard University Press, 1978.

Wetherby, A. M., & Prizant, B. M., Autism Spectrum Disorders: A Transactional Developmental Perspective, Brookes Publishing, 2000.

Wulandari, R., & Hendriani, T., Strategi Pengajaran Berdiferensiasi dalam Pendidikan Inklusif, Jurnal Pendidikan Khusus, Vol. 15, No. 3, 2021, hlm. 78�90.

Yuwono, A., Pendidikan Inklusif: Prinsip dan Praktik, Jakarta, Pustaka Edukasi, 2021.
Diterbitkan
2025-03-27