PEMANFAATAN DATA HASIL DIAGNOSTIK SISWA ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA UNTUK PENGEMBANGAN KURIKULUM DI KOTA SAMARINDA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan data hasil diagnostik Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) dalam pengembangan kurikulum di Kota Samarinda. Di tengah tantangan globalisasi dan kebutuhan untuk mempersiapkan generasi muda yang berkualitas, pengelolaan pendidikan yang responsif dan adaptif menjadi semakin penting. AKMI, sebagai asesmen komprehensif yang menilai kompetensi siswa dalam literasi membaca, numerasi, sains, dan sosial budaya, menawarkan data yang sangat berharga untuk perbaikan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan pengumpulan data kuantitatif dari hasil diagnostik AKMI 2021-2024 dan data kualitatif melalui wawancara serta observasi kepada pemangku kepentingan di Kota Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data AKMI dapat digunakan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan siswa dalam berbagai kompetensi, yang kemudian dapat dijadikan dasar untuk merancang kurikulum yang lebih adaptif dan berbasis bukti. Sebagai rekomendasi, strategi pengembangan kurikulum di Kota Samarinda perlu difokuskan pada peningkatan literasi numerasi dan sains, dengan memperkuat literasi membaca dan sosial budaya yang sudah cukup baik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan arahan bagi pengembangan kurikulum yang lebih responsif terhadap kebutuhan siswa, serta meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah.
Referensi
Hormaz�bal, Julio Su�rez. �The Scaffold as an Architectural Element.� Rita Revista Indexada de Textos Academicos, no. 13 (2020): 136�41.
Ismail, Muhammad. �Pemanfaatan Data AKMI Untuk Pengembangan Kurikulum Madrasah (Studi Kasus MTs As� Adiyah Tolai, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah).� Journal of Madrasah Studies 1, no. 2 (2024): 203�19.
Mauizdati, Nida. �Kebijakan Merdeka Belajar Dalam Perspektif Sekolahnya Manusia Dari Munif Chatib.� Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 3, no. 2 (2020): 315�21.
Melati, Eka, Ayyesha Dara Fayola, I. Putu Agus Dharma Hita, Andi Muh Akbar Saputra, Zamzami Zamzami, and Anita Ninasari. �Pemanfaatan Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.� Journal on Education 6, no. 1 (2023): 732�41.
Miles, Matthew B., and A. Michael Huberman. �Drawing Valid Meaning from Qualitative Data: Toward a Shared Craft.� Educational Researcher 13, no. 5 (May 1984): 20�30. https://doi.org/10.3102/0013189X013005020.
Mukhadis, Amat. Pendekatan Kuantilatif Dalam Penelitian Pendidikan: Dialektika Prosedur Penelitian Mixed Methods. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2021. https://books.google.com/books hl=id&lr=&id=9nNMEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Pendekatan+mixed+methods&ots=TtDzcVm7PT&sig=vsloUKeaif9850gOd3nYXzjhaWM.
Mulyati, Srie, and Rifqy Muhammad Hamzah. �Kurikulum Kelas Ibu Pintar Antisipasi Stunting (KIPAS) Bagi Orang Tua Murid PAUD/PIAUD Di Indonesia.� JURNAL PAUD AGAPEDIA 7, no. 2 (n.d.): 256�63.
SALSABILA, YULIA RAKHMA, and MUQOWIM MUQOWIM. �Korelasi Antara Teori Belajar Konstruktivisme Lev Vygotsky Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl).� LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 3 (2024): 813�27.
Sugiyono, Sugiyono, and Puji Lestari. �Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, Dan Cara Mudah Menulis Artikel Pada Jurnal Internasional).� Alvabeta Bandung, CV, 2021.
http://eprints.upnyk.ac.id/27727/1/Buku%20Metode%20Penelitian%20Komunikasi.pdf.
Susanti, Lisa Dwi, and Agus Pahrudin. �Analisis Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI).� Journal Of Interdisciplinary Science And Education 1, no. 2 (2021): 17�24.
Tuerah, Roos MS, and Jeanne M. Tuerah. �Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah.� Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, no. 19 (2023): 979�88.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##