KONSEP DAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF ALQUR�AN
Abstrak
Konsep dan strategi pembelajaran merupakan dua unsur penting dalam terlaksananya proses pembelajaran yang optimal, termasuk pembelajaran pendidikan Islam. Dengan memahami konsep dan strategi pembelajaran maka pendidik mampu menentukan serta merencanakan ke mana arah pembelajaran yang diinginkannya menyesuaikan dengan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan konsep dan strategi pembelajaran di dalam Al-Quran agar dapat diimplementasikan dalam sistem pembelajaran pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur dengan sumber data yang berasal dari dokumen-dokumen kepustakaan berupa buku-buku dan artikel-artikel jurnal yang relevan dengan pembahasan. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi dengan mengacu pada teknik analisis Miles dan yakni melakukan pengumpulan data, untuk selanjutnya direduksi dan disajikan dalam bentuk deskriptif, kemudian dilakukan penarikan kesimpulan sesuai dengan data yang telah dianalisis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam Al-Quran memuat banyak sekali ayat-ayat tentang pendidikan termasuk pembahasan tentang konsep dan strategi pembelajaran, yang juga mencakup tujuan, materi, dan metode pembelajaran. Ayat-ayat tersebut tidak menyebutkan secara tekstual mengenai teori pendidikan, namun dapat dipahami secara kontekstual dari makna yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pendidik yang ingin memahami lebih lanjut mengenai konsep dan strategi pembelajaran dalam perspektif Al-Quran.
Referensi
Amri, Choirul, and Dimas Kurniawan. �Strategi Belajar & Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa.� Journal of Student Research 1, no. 1 (January 22, 2023): 202�14. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.980.
Basyari, Zen Anwar Saeful, and Mulyawan Safwandy Nugraha. �Konsep Dasar Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pandangan Hadits Tarbawi.� Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 7, no. 1 (2024): 303�10. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23787.
Djamaluddin, Ahdar, and Wardana. Belajar Dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: CV. Kaaffah Learning Center, 2019.
Fathurrohman, Muhammad. Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca, 2017.
Fatimah, and Ratna Dewi Kartikasari. �Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa.� Pena Literasi 1, no. 2 (December 17, 2018): 108�13. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113.
Hapudin, Muhammad Soleh. Teori Belajar Dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Kencana, 2021.
Harahap, Koiy Sahbudin. �Konsep Dasar Pembelajaran.� Journal of Islamic Education El Madani 1, no. 1 (December 2021).
Hasan, Muhammad, Rahmatullah Rahmatullah, Ahmad Fuadi, Inanna Inanna, Nahriana Nahriana, A. A. Musyaffa, Badroh Rif�ati, et al. Strategi Pembelajaran. Sukoharjo: Penerbit Tahta Media, 2021.
Hasanah, Mila. Landasan Pendidikan Islam. Mataram: CV. Kanhayakarya, 2021.
Hasanah, Uswatun. �Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini.� Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 23, no. 2 (December 2018). https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/insania/article/view/2291.
Hasriadi. Strategi Pembelajaran. Bantul: Mata Kata Inspirasi, 2022.
Husamah, Yuni Pantiwati, Arina Restian, and Puji Sumarsono. Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMMPress, 2018.
Junaidah. �Strategi Pembelajaran Dalam Perspektif Islam.� Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (May 14, 2015): 118�33. https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i1.1488.
Kirtawadi, Kirtawadi. �Kedudukan Al-Quran Dan Hadis Sebagai Dasar Pendidikan Islam.� Jurnal PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (December 31, 2023): 204�19. https://doi.org/10.33507/pai.v2i2.1117.
Koerniantono, Kakok. �Strategi Pembelajaran.� Sapa: Jurnal Kateketik Dan Pastoral 3, no. 1 (May 1, 2018): 126�42.
Makki, Ismail, and Aflahah. Konsep Dasar Belajar Dan Mengajar. Pamekasan: Duta Media Publishing, 2019.
Mukarromah, and Silvina Al-Mashithoh. Strategi Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur�an. Pasuruan: Insan Mulia Publishing, 2023.
Musthafa, Ali, Zein Auliaur Rahman, Moh Salman Alfarisyi, and Achmad Jalilul Chakam. �Teori Belajar Kognitif Sosial Dan Relevansinya Terhadap Metode Keteladanan Dalam Surah Al-Ahzab Ayat 21.� HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 2 (December 13, 2023): 174�93. https://doi.org/10.55403/hikmah.v12i2.556.
Nasution, Wahyudin Nor. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing, 2017.
Nata, Abuddin. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2014.
Nur, Syamsiah, and Hasnawati Hasnawati. �Metode Targhib Dan Tarhib Dalam Pendidikan Islam.� Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 01 (January 28, 2020): 64�77. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.145.
Parwati, Ni Nyoman, I. Putu Pasek Suryawan, and Ratih Ayu Apsari. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT. RajaGrafindo Persada - Rajawali Pers, 2019.
Pramita, Aldila Winda, Candra Nugraha Lubis, Novira Aulia, and Ghaeijsa Zahira Sopha. �Hakikat Pendidikan Islam: Tarbiyah, Ta�lim Dan Ta�dib.� Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), June 28, 2023, 83�89. https://doi.org/10.51178/jerh.v1i2.1394.
Sutiah. Teori Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2020.
Widiani, Desti. �Konsep Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur�an.� Murabby: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (September 16, 2018): 185�96. https://doi.org/10.15548/mrb.v1i2.321.
Yusuf, Muhammad, and Amalia Syurgawi. �Konsep Dasar Pembelajaran.� Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 1, no. 1 (2020).
Yuwono, Imam, and Mirnawati Mirnawati. �Strategi Pembelajaran Kreatif Dalam Pendidikan Inklusi Di Jenjang Sekolah Dasar.� Jurnal Basicedu 5, no. 4 (July 2, 2021): 2015�20. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1108.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##