PENERAPAN EVALUASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN SALAFIYAH DARUSSANA KINTAP)
Abstrak
Evaluasi dalam pendidikan Islam di pondok pesantren memegang peran krusial dalam menilai kemajuan santri, baik dalam aspek akademik maupun pengembangan karakter. Melalui evaluasi yang komprehensif, pondok pesantren dapat menghasilkan santri yang berpengetahuan, berakhlak baik, dan siap berkontribusi kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggali secara mendalam penerapan evaluasi pembelajaran bagi santri di Pondok Pesantren. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di sebuah lembaga pendidikan Islam, yaitu Pondok Pesantren Darussana Kintap. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, yang kemudian dianalisis untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hasil pembelajaran Islam di Pondok Pesantren Darussana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan evaluasi yang sistematis mampu membentuk serta meningkatkan kualitas pembelajaran akademik maupun akhlak santriwan dan santriwati.
Referensi
Arieh Lewy, Handbook of Curriculum Evaluation (New York: Longman Inc., 1977)
Benjamin Bloom S., (Ed.), Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals (London: Longman Group Ltd, 1956)
Blaine R. Worthen and James R. Sanders, Educational Evaluation: Alternative Approach and Practical Guidelines (New York & London: Longman, 1988).
Blaine R. Worthen and James R. Sanders, Educational 1973.
William A. Mehrens & Irvin J. Lehman, Measurement and Evaluation in Education and Psychology (New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc., 1973)
Stephen Isaac & William B. Michael, Handbook in Research and Evaluation, (San Diego, California: Edits Publishers, 1984)
H. J. X. Fernandes, Evaluation of Educational Programs (Jakarta: National Education Planning, Evaluation, and Curriculum Development, 1984).
David Nachmias, The Practice of Policy Evaluation (New York: St. Martin�s Press, 1980).
Taimiyah, I, Kitab al-iman, Damaskus, Dar al-Fikr, 1961.
Sudijono, Anas Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006.
Tylor, R. W. Basic Principles of Curriculum and Instruction Chicago: Chicago University Press, 1967.
Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##