PENGEMBANGAN PROGRAM SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM, PENINGKATAN MANAGERIAL KEPALA SEKOLAH MIS AN-NUR

  • Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Abstrak

Supervisi manajerial dalam konteks pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan pembelajaran yang efektif di sekolah. Supervisi manajerial melibatkan kepala sekolah dan staf sekolah lainnya dalam mengelola berbagai aspek pendidikan yang berkontribusi terhadap kualitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami konsep supervisi manajerial dan peran supervisi dalam implementasinya sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan pembelajaran yang efektif di sekolah. Dalam permasalah yang di temukan di MIS An-Nur dalam skala lebih kecil, kepala madrasah harus memiliki keterampilan yang di perlukan untuk memastikan kondisi yang diperluakan untuk kemajuan lembaganya guna menjalankan perannya sebagai pengawas. Jadi, diharapkan bahwa tujuan pendidikan yang berbeda di tingkat sekolah tercapai dengan baik. Kepala madrasah sebagai pengawas harus secara konsisten melakukan upaya untuk mencapai derajat kemajuan tersebut di atas. Pimpinan madrasah harus mempertimbangakan dengan seksama setiap aspek pencapai ini, termasuk terpenuhi atau tidaknya semua prasyarat untuk mencapai cisi. Karenanya, dapat dibilang bahwa tugas kepala madrasah lebih dari sekedar bertindak sebagai administrator. Mereka juga termasuk mengawaso, mendorong, dan menstimulasi kinerja instrukur dan anggota staf lainnya untuk menjaga lingkungan belajar yang positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi manajerial dapat memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan pengelolaan sekolah yang efektif. Melalui supervisi manajerial, kepala sekolah dapat melakukan pengawasan dan pengelolaanmyang efektif terhadap aspek-aspek pendidikan, seperti kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, hubungan sekolah dan masyarakat, administrasi keuangan, personalia, budaya, dan lingkungan sekolah. Dalam implementasinya, supervisi manajerial membutuhkan pendekatan yang sistematis dan terencana. Kepala sekolah perlu memiliki keterampilan manajerial yang baik dalam mengelola dan memimpin staf sekolah, serta menerapkan praktik supervisi yang efektif. Selain itu, supervisi manajerial juga memerlukan kolaborasi dan komunikasi yang baik antara kepala sekolah, guru, dan staf sekolah lainnya.

Referensi

Arzfi, B.P., R. Ananda, V.M. Putri, N. Gistituati, dan R. Rusdinal. �Implementasi Supervisi oleh Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Sekolah Dasar.� Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 92.

Aspi, M., dan S. Syahrani. �Profesional Guru dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan.� Adiba: Journal of Education 2, no. 1 (2022): 67.

Aziz, Husni Abdul, Agus Gunawan, dan Machum Bachtiar. �Supervisi Program Pendidikan Kepala Madrasah Pada Profesionalisme Guru Di MA Al-Jauharotunnaqiyyah Palas Cilegon.� Al-Riwayah?: Jurnal Kependidikan 15, no. 1 (2023): 139�67. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v15i1.848.

Donnelly, James H. Fundamentals of Management. Irwin Dorsey: Business Publications, 2017.

Indy, R., F.J. Waani, dan N. Kandwangko. �Peran Pendidikan dalam Proses Perubahan Sosial di Desa Tumluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara.� HOLISTIK: Journal of Social and Culture, 2019, 17.

Kastawi, N.S., A. Nugroho, dan N. Miyono. �Kontribusi Motivasi Kerja dan Peran Kepala Madrasah terhadap Profesionalisme Guru SMA.� Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 8, no. 1 (2021): 72.

Marno, dan Trito Supryatno. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT Refika Aditama, 2019.

Nurafni, K., F. Saguni, dan S. Hasnah. �Pengaruh Kinerja Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.� Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (2022): 12.

Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Gelora Aksara Prata, 2008.

Sagala. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Albeta, 2018.

Sahertian, Piet A. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cet. X. Jakarta, 2018.

Said, A. �Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah.� EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (2018): 74.

Taguchi, N. Description and Explanation of Pragmatic Development: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods Research, t.t.
Diterbitkan
2025-03-27