PEMANFAATAN PPT, MEDIA DIGITAL DAN ARTIFICIAL INTELEGENCE (AI) SERTA TEKNOLOGI DIGITAL LAINNYA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 10 BANJARMASIN
Abstrak
Pembelajaran PAI tradisional yang monoton sulit menarik minat siswa milenial. SMA Negeri 10 Banjarmasin mengadopsi media digital seperti PPT, video, dan internet untuk menciptakan pembelajaran interaktif dan kolaboratif. Pendekatan ini, sejalan dengan teori konstruktivisme, meningkatkan pemahaman siswa dan relevansi pembelajaran di era digital. Dari latar belakang tersebut maka maka yang menjadi tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfaatan PowerPoint (PPT), media digital, dan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Jurnal ini ditulis berdasarkan penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan datanya ada empat tahap yaitu koleksi data, editing, klasifikasi data, dan interpretasi data. Sedangkan analisis datanya menggunakan Model Miles dan Huberman ada tiga serangkaian yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI di SMA Negeri 10 Banjarmasin memanfaatkan teknologi digital seperti Canva, Google Classroom, Google Form, AI ChatGPT, dan ponsel untuk mendukung pembelajaran yang interaktif dan kreatif. Penggunaan teknologi ini meningkatkan efisiensi, keterlibatan, dan motivasi siswa, meskipun menghadapi tantangan seperti penyalahgunaan teknologi dan keterbatasan perangkat. Dengan perencanaan dan pengelolaan yang tepat, pembelajaran berbasis digital ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan PAI sesuai visi Kurikulum Merdeka.
Referensi
�Dokumentasi Modul Ajar PAI Di SMAN 10 Banjarmasin, Senin 2 Desember 2024.,� n.d.
Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press, 2012.
�Observasi Pembelajran PAI Di SMAN 10 Banjarmasin, Senin 2 Desember 2024,� n.d.
Rahmi, Legi Aulia Putri dan Ulva. �Pemanfaatan Media Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Pada Generasi Milenial.� Faedah?: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia 2, no. 1 (2024): 27�31. https://doi.org/10.59024/faedah.v2i1.662.
Ridhahani. Metodologi Penelitian Dasar Bagi Mahasiswa Dan Peneliti Pemula. Banjarmasin: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Antasari, 2020.
RM, Rohani. �Penggunaan Teknologi Digital Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam: Tantangan Dan Peluang.� GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 1, no. 1 (2024): 28�39.
Salsabilla, Dinda Azizah, and Nur Gusmaneli. �Penggunaan Media Dan Penerapan Teori Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam.� Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika 2, no. 6 (2024): 1�15.
Sidiq, Umar, and Moh. Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya, 2019.
Tugino, Muhammad Munadi, and Khuriyah. �Pengaplikasian Teknologi Digital Dalam Pembelajaran PAI Dan Bahasa Arab.� Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 2 (2023): 1�13.
�Wawancara Dengan Ibu Saidah Selaku Guru PAI Di SMAN 10 Banjarmasin, Senin 2 Desember 2024.,� n.d.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##