TANTANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KEMAJUAN TEKNOLOGI SERTA PENERAPANNYA PADA PROSES PEMBELAJARAN

  • UIN Antasari Banjarmasin
  • UIN Antasari Banjarmasin
  • UIN Antasari Banjarmasin
  • UIN Antasari Banjarmasin

Abstrak

Tantangan dan peluang yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengintegrasikan teknologi di era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan, yang melibatkan pengumpulan data dari buku dan artikel ilmiah terkait topik bahasan. Fokus penelitian adalah pada perkembangan teknologi dalam pendidikan PAI, yang memiliki dua karakteristik utama: transfer pengetahuan dan transfer nilai. Meskipun metode pengajaran konvensional masih dominan, ada kebutuhan mendesak untuk memanfaatkan media modern seperti visual, audio, dan internet agar pembelajaran lebih menarik dan efektif. Integrasi teknologi memerlukan perencanaan strategis, pengembangan keterampilan guru, dan infrastruktur yang memadai. Manfaatnya termasuk kemudahan akses, peningkatan kualitas pembelajaran, dan dukungan pembelajaran mandiri. Namun, tantangan seperti literasi digital yang rendah dan infrastruktur yang kurang memadai harus diatasi. Penggunaan teknologi dapat meningkatkan minat dan kreativitas siswa, tetapi juga dapat menimbulkan ketergantungan dan mengurangi interaksi sosial. Kesimpulannya, integrasi teknologi yang bijak dan sesuai dengan nilai-nilai Islam dapat memperkaya pendidikan agama Islam

Referensi

Adam, Adiyana. �Integrasi Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.� Amanah Ilmu: Jurnal Kependidikan Islam 3, no. 1 (29 Juni 2023).

Agustian, N., dan U.H. Salsabila. �Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran.� ISLAMIKA 3, no. 1 (2021).

Arif, K. �Teknologi Pembelajaran PAI dalam Paradigma Konstruktivistik.� Jurnal Fikroh 4, no. 2 (2011).

Choli, I. �Pendidikan Agama Islam dan Industri 4.0.� Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2020). https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i2.891.

Danim, S. Literasi Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2019.

Daud, A., A.F. Aulia, dan N. Ramayanti. �Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran: Upaya untuk Beradaptasi dengan Tantangan Era Digital dan Revolusi Industri 4.0.� Dalam Unri Conference Series: Community Engagement, 2019. https://doi.org/10.31258/unricsce.1.449-455.

Ertmer, P.A., dan A. Ottenbreit-Leftwich. �The Impact of Technology Integration Education on the Attitudes of Teachers and Administrators.� Computers & Education 55, no. 1 (2010).

Hartati, S., dan M.H. Fernandi. �Integrasi Teknologi Baru dalam Meningkatkan Pendidikan Islam di Indonesia.� Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2022).

Hindun. �Perencanaan Strategis dan Perilaku Manajerial Lembaga Pendidikan.� Al-Fikrah: Jurnal Pendidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin 2, no. 1 (2015).

Jimoyiannis, A., dan V. Komis. �Strategic Approaches to Technology Integration in Education: A Systematic Literature Review.� Educational Technology & Society 9, no. 4 (2016).

Masjudin. �Manfaat Media Teknologi dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.� Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 5, no. 2 (2020). https://doi.org/10.37216/tarbawi.v5i2.295.

Maulina, N. �Perkembangan Teknologi dalam Pendidikan Agama Islam.� Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya 3, no. 3 (2024).
Salsabila, U.H., M. Rifki, T. Oktavianda, dan D.F. Abid. �Integrasi Teknologi Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka.� IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (2024).

Salsabila, U.H., I.I.T. Spando, dan W.D. Astuti. �Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Pendidikan Islam.� Jurnal Pendidikan 4, no. 1 (2023).

Sholeh, M.I., dan N. Efendi. �Integrasi Teknologi dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru di Era Digital.� Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan 5, no. 2 (2023).

Sudjana, N. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2003.
Diterbitkan
2025-06-11