DEKONSTRUKSI TEORI USES AND GRATIFICATIONS DALAM ERA POST-TRUTH ANALISIS KRITIS TERHADAP KESADARAN PALSU PENGGUNA MEDIA SOSIAL DALAM PEMENUHAN KEPUASAN INFORMASI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendekonstruksi teori Uses and Gratifications dalam konteks era post-truth, dengan penekanan pada analisis kritis terhadap kesadaran yang keliru di kalangan pengguna media sosial dalam memenuhi kebutuhan informasi. Era post-truth ditandai oleh dominasi emosi dan pandangan pribadi yang mengalahkan fakta objektif, yang pada gilirannya memengaruhi cara individu mengonsumsi dan memproses informasi. Teori Uses and Gratifications yang konvensional memandang pengguna media sebagai individu yang aktif dan rasional dalam memilih media untuk memenuhi kebutuhan tertentu, seperti hiburan, informasi, atau interaksi sosial. Namun, dalam konteks post-truth, paradigma ini perlu ditinjau kembali. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna media sosial sering kali terjebak dalam kesadaran yang keliru akibat algoritma media sosial dan bias konfirmasi. Algoritma tersebut mendorong konsumsi konten yang sejalan dengan keyakinan pribadi pengguna, sehingga memperkuat pandangan tanpa memberikan kesempatan untuk verifikasi fakta. Selain itu, fenomena echo chamber dan filter bubble semakin memperkuat isolasi informasi, yang berkontribusi pada pembentukan realitas yang terdistorsi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis kritis terhadap literatur yang relevan serta studi kasus pengguna media sosial. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepuasan informasi yang dirasakan oleh pengguna sering kali bersifat ilusif dan tidak mencerminkan pemenuhan kebutuhan informasi yang sesungguhnya. Kesadaran yang keliru ini menciptakan ilusi pemenuhan informasi, padahal informasi yang dikonsumsi cenderung bias dan tidak lengkap. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dalam era post-truth, teori Uses and Gratifications perlu direkonstruksi dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhi kesadaran yang keliru dan distorsi informasi. Penting bagi pengguna media sosial untuk meningkatkan literasi media dan bersikap kritis terhadap sumber informasi yang mereka konsumsi, guna menghindari jebakan kesadaran yang keliru dan mencapai pemenuhan informasi yang lebih akurat dan bermakna.
Referensi
Allcott, Hunt, and Matthew Gentzkow, �Social Media and Fake News in the 2016 Election�, Journal of Economic Perspectives, 31.2 (2017), 211�36
Body, D., It � s Complicated?: The Social Lives of Networked Teens It � s Complicated (London: Yale University Press, 2014)
Christians, Clifford G, Mark Fackler, Kathy Brittain Richardson, and Peggy J Kreshel, Media Ethics; Cases and Moral Reasoning; Eleventh Edition (New York: Routledge Taylor & Francis Group, 2020)
Claire, Wardle, and Derakhshan Hossein, �Information Disorder: Toward an Interdisciplinary Framework for Research and Policy Making / Reports / Publications / Media Freedom in Europe - Resource Centre by OBCT - Resource Centre�, Information Disorder: Toward an Interdisciplinary Framework for Research and Policy Making, 2017, 20�25
Creswell, John W., Research Design (Los Angeles: Sage, 2009)
DAVID KARPF, Analytic Activism DIGITAL LISTENING AND THE NEW POLITICAL STRATEGY (London: Oxford University Press, 2016)
Denis McQuail, McQuail�s Mass Communication Theory (London: Sage, 2010)
Dolan, Rebecca, Jodie Conduit, John Fahy, and Steve Goodman, �Social Media Engagement Behaviour: A Uses and Gratifications Perspective�, Journal of Strategic Marketing, 24.3�4 (2016), 261�77
Ellison, Nicole B., Charles Steinfield, and Cliff Lampe, �The Benefits of Facebook �Friends:� Social Capital and College Students� Use of Online Social Network Sites�, Journal of Computer-Mediated Communication, 12.4 (2007), 1143�68
Farkas, Johan, and Jannick Schou, �Post-Truth, Fake News and Democracy: Mapping the Politics of Falsehood�, Post-Truth, Fake News and Democracy: Mapping the Politics of Falsehood, February, 2019, 1�166
Fuchs, Christian, Communication and Capitalism: A Critical Theory, European Journal of Communication (London: University of Westminster Press, 2021), XXXVI
Hameleers, Michael, and Toni G.L.A. van der Meer, �Misinformation and Polarization in a High-Choice Media Environment: How Effective Are Political Fact-Checkers?�, Communication Research, 47.2 (2020), 227�50
Katz, Elihu, Jay G Blumler, and Michael Gurevitch, �Reception Studies or Audience Studies: Uses and Gratifications Research�, The Public Opinion Quarterly, 1973, 509�23
Kim, Junghyun, and Jong Eun Roselyn Lee, �The Facebook Paths to Happiness: Effects of the Number of Facebook Friends and Self-Presentation on Subjective Well-Being�, Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 14.6 (2011), 359�64
Lazer, David M.J., Matthew A. Baum, Yochai Benkler, Adam J. Berinsky, Kelly M. Greenhill, Filippo Menczer, and others, �The Science of Fake News: Addressing Fake News Requires a Multidisciplinary Effort�, Science, 359.6380 (2018), 1094�96
LEAVY, PATRICIA, Research Design Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches, Sustainability (Switzerland) (New York and London: The Guilford Press, 2017), XI
Littlejohn, Stephen, W., Karen A.Foss, and John G. Oetzel, THEORIES OF HUMAN COMMUNICATION Eleventh Edition, Waveland Press, Inc., 2017, LIII
Luhmann, Niklas, SOCIAL SYSTEMS, Journal GEEJ (CALIFORNIA: STANFORD UNIVERSITY PRESS, 1995), VII
Matthew B. Milees, A. Michael Huberman, Johnny Saldana, Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook, Sustainability (Switzerland) (London and New York: Sage Publications, 2014), XI
Mouwn Erland, Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif, Rake Sarasin, 2020
Packman, Carl, �Book Review: The Filter Bubble: What the Internet Is Hiding from You�, British Politics and Policy at LSE, 2011, 294
Pennycook, Gordon, Adam Bear, Evan T. Collins, and David G. Rand, �The Implied Truth Effect: Attaching Warnings to a Subset of Fake News Headlines Increases Perceived Accuracy of Headlines without Warnings�, Management Science, 66.11 (2020), 4944�57
Quan-Haase, Anabel, and Alyson L. Young, �Uses and Gratifications of Social Media: A Comparison of Facebook and Instant Messaging�, Bulletin of Science, Technology & Society, 30.5 (2010), 350�61
Rubin, Alan M., �Television Uses and Gratifications: The Interactions of Viewing Patterns and Motivations�, Journal of Broadcasting, 27.1 (1983), 37�51
Siregar, Alya Rahmayani, Azrai Harahap, and Mahardhika Sastra Nasution, �Etika Komunikasi Media Digital Di Era Post-Truth�, Jurnal Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, 5.1 (2024), 39�53
Sundar, S. Shyam, and Anthony M. Limperos, �Uses and Grats 2.0: New Gratifications for New Media�, Journal of Broadcasting and Electronic Media, 57.4 (2013), 504�25
Sunstein, Review Cass R, Conspiracy Theories, and Other Dangerous, �Cass R . Sunstein . Conspiracy Theories And�, Spontaneous Generations: A Journal for the History and Philosophy of Science, 8.1 (2016), 100�104
Tandoc, Edson C., Zheng Wei Lim, and Richard Ling, �Defining �Fake News�: A Typology of Scholarly Definitions�, Digital Journalism, 6.2 (2018), 137�53
Tinto, V, �Chicago: University of Chicago Press�, American Journal of Sociology, 2nd ed.6 (1976), 1546�48
Vosoughi, Soroush, Deb Roy, and Sinan Aral, �The Spread of True and False News Online. Science, 359(6380), 1146�1151 | 10.1126/Science.Aap9559�, RESEARCH SOCIAL SCIENCE, 1151.March (2018), 1146�51
Weber, Max, The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism, The Routledge International Handbook on Max Weber (London and New York: Routledge, 2022)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##