PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kebebasan bagi siswa untuk mengeksplorasikan tema atau bagian dari proyek sehingga siswa bisa mengembangkan ide sesuai dengan minat mereka, ini dapat mengasah kemampuan siswa dalam berfikir kritis, kerjasama, dan berivasi. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif yang berbasis studi Pustaka yang sebelumnya di dokumentasikan dalam jurnal dan buku untuk memberikan sumber data dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukan Penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning, PBL) telah terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa di berbagai tingkat pendidikan. Model ini mencakup proses dan hasil akhir pembelajaran yang menggabungkan siswa secara aktif dalam merancang dan melaksanakan proyek nyata.

Referensi

Harizah, Desy Triana Dewi, Sumarmi Sumarmi, dan Syamsul Bachri. �Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Geografi Siswa.� Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 6, no. 5 (24 Mei 2021). https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i5.14846.

Lestari, Sri, dan Ahmad Agung Yuwono. Coaching untuk Meningkatkan Kemampuan Guru. Jombang: Kun Fayakun Anggota IKAPI, 2022.

Nababan, Damayanti, Alisia Klara Marpaung, dan Angeli Koresy. �Strategi Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL).� Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2, no. 2 (1 Mei 2023).

Purnomo, Halim, dan Yunahar Ilyas. Tutorial Pembelajaran. Yogyakarta: K-Media, 2019.

Rachmayani, Asiva Noor. Model Project Based Learning dan Penerapannya. Bengkulu: Unit Penerbit dan Publikasi FKIP Univ. Bengkulu, 2015.

Ramadhan, Emira Hayatina, dan Hindun Hindun. �Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif.� Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya 2, no. 2 (30 Desember 2023). https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.98.

Rasyid, Akhmad Hafizh Ainur. �Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa.� Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) 1, no. 1 (11 Maret 2019). https://doi.org/10.26740/jvte.v1n1.p28-37.

Sari, Maya Kartika, dan Sri Budyartati. Pembelajaran Inovatif Berbasis Project Mind Mapping di Era Merdeka Belajar. Magetan: AE Media Grafika, 2022.

Titu, Maria Anita. �Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Materi Konsep Masalah Ekonomi.� Prosiding Seminar Nasional 9 (2015).

Triabto, Titik Triwulan Tutik. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konteksual. Jakarta: Kencana, 2014.
Diterbitkan
2025-06-12