IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN SPIRITUAL PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT
Abstrak
Kepemimpinan spiritual adalah kepemimpinan yang mengutamakan jalan menuju keridhoaan Tuhan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi kepemimpinan spiritual pendidikan berbasis masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data observasi, studi dokumen, dan wawancara dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan, yaitu: (1) kepemimpinan spiritual yang mengutamakan moral ruhiyyah dan panggilan hati nurani dapat menjadi pilihan gaya kepemimpinan aktual. Teladan perilaku yang dicontohkan oleh pemimpin seperti mendalami ilmu tentang ketuhanan dan mengamalkannya dapat membentuk keyakinan yang kuat. (2) diantara karakteristik pemimpin spiritual adalah kemampuannya dalam menjaga dan mengutamakan kebersihan hati, menjaga diri dari perbuatan yang tidak terpuji (wara), serta menahan diri dari godaan dunia yang menyilaukan /zuhuddunyya.(3) kemampuan pemimpin dalam mengomunikasikan nilai-nilai spritual seperti yaqin, wara, dan zuhud menumbuhkan kesadaran kolektif di kalangan jamaah.
Referensi
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Al-Ghaz?l?. (n.d.). Ihya" Ulumuddin (II). Beirut: Dar Kutub al-Ilmiyah, t.t.
Amram, Y., & Dryer, D. C. (2008). The Integrated Spiritual Intelligence Scale (ISIS): Development and Preliminary Validation. 116th Annual Conference of the American Psychological Association, 49, 69�73. https://www.bertelsmann-stiftung.de/fileadmin/files/BSt/Publikationen/GrauePublikationen/MT_Globalization_Report_2018.pdf%0Ahttp://eprints.lse.ac.uk/43447/1/India_globalisation, society and inequalities(lsero).pdf%0Ahttps://www.quora.com/What-is-the
Asy�ari, A. H. (2021). Wara� dalam Ajaran Tasawuf Imam Junaid Al-Baghdadi. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(3), 209�223. https://doi.org/10.15575/jpiu.12845
Bahreisj, H. (1981). Ajaran-ajaran akhlak Imam Ghazali.
Hogan, R., & Kaiser, R. B. (2005). What we know about leadership. Review of General Psychology, 9(2), 169�180. https://doi.org/10.1037/1089-2680.9.2.169
Khairrurraziqin, Dewi Purnama Sari, F. (2020). KONSEP PENDIDIKAN ANDRAGOGI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(Desember), 1�9. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1399
Khumalo, F. T. E. (1999). Methods of assessing learning needs for community education programmes.
Murni. (2014). The Concept of Ma�rifatullah According to Al-Ghazali (A Study on the Implementation of Al-Karimah�s Values of Virtue). Ar-Raniry: International Journal of Islamic Studies, 2(1), 123�146.
Nuraini, A., & Alimir. (2020). Animo Masyarakat Dalam Mengikuti Kegiatan Majelis Ta�lim Di Nagari Talunan Maju Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan. 2, 113�123.
https://doi.org/https://doi.org/10.31004/anthor.v1i1.8
Percy, I. (2003). Going Deep: Exploring Spirituality in Life and Leadershi. Medicine Bear Publishing, 1999.
Ridwan, I., & Ulwiyah, I. (2020). Sejarah Dan Kontribusi Majlis Ta�Lim Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter �JAWARA� (JPKJ), 6(1), 17�42.
http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JAWARA/article/view/8299
Rivai, V., & Mulyadi, D. (2013). Kepemimpinan dan perilaku organisasi (Ed. 3, cet). Jakarta?: Raja Grafindo Persada, 2012.
Sarnoto, A. Z., & Sholihin, A. (2017). Perilaku Kepemimpinan Berbasis Spiritual Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Statement?: Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 7(2), 56�64. https://doi.org/10.56745/js.v7i2.203
Sazly, S., & Ardiani, Y. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat. Perspektif, 17(2), 184�194.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif (C. 1 (ed.)). Bandung?: Alfabeta, 2018.
Syahri, A. (2019). Spiritual Leadership. In Journal of Healthcare Management and Leadership (Issue 1). https://doi.org/10.35345/johmal.529712
Terry Robert. (2002). Kepemimpinan autentik keberanian untuk bertindak.
Zuhri, Z. (2019). Majelis Ta�lim sebagai Model Pendidikan Non Formal Islam. AL-USWAH: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(1), 23. https://doi.org/10.24014/au.v2i1.6740
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##