PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MATERI KEAGAMAAN ISLAM DI MADRASAH MA�ARIF SAMARINDA
Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi proses pengembangan materi keagamaan Islam di Madrasah Maarif Samarinda melalui pendekatan partisipatif. Latar belakang kegiatan ini dilandasi oleh perlunya pembaruan dan penguatan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang sesuai dengan nilai-nilai Ahlussunnah wal Jamaah, kebutuhan lokal masyarakat Muslim Samarinda, serta tantangan sosial keagamaan kontemporer. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang terdiri dari tahap persiapan (analisis kebutuhan), tahap pelaksanaan (observasi, diskusi, dan penyusunan draf materi), serta evaluasi dan monitoring. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan guru, kepala madrasah, dan orang tua tentang pentingnya materi keagamaan yang kontekstual dan aplikatif. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan kepercayaan diri dalam menghafal dan mengamalkan materi keagamaan, serta meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Madrasah Maarif sebagai lembaga pendidikan Islam yang kredibel. Materi yang dikembangkan mencakup doa-doa harian, surah pendek, bacaan sholat, dan hadis pilihan yang telah disesuaikan dengan konteks kehidupan siswa. Kegiatan ini menunjukkan bahwa proses pengembangan materi keagamaan berbasis partisipatif mampu memperkuat kualitas pembelajaran agama Islam serta meningkatkan keterlibatan berbagai pihak dalam mendukung pendidikan keagamaan yang relevan dan moderat.
Referensi
Anwar, Khaerul, Nia Kurniawat, dan Fitriah Yuliasari. �Pengembangan dan Implementasi Program Manajemen Pendidikan Budaya Transformatif untuk Sekolah Dasar.� Al-DYAS 2 (2023): 403�23.
Arrasy, Firas. �Isu-isu kontemporer dalam studi agama-agama di indonesia.� FU, 2022.
Cornish, Flora, Nancy Breton, Ulises Moreno-Tabarez, Jenna Delgado, Mohi Rua, Ama de-Graft Aikins, dan Darrin Hodgetts. �Participatory action research.� Nature Reviews Methods Primers 3, no. 1 (2023): 34.
Fauziyah, Nur Laily, Nabil Nabil, dan Aldian Syah. �Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa dalam Mencegah Radikalisme di Kabupaten Bekasi.� Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 01 (2022): 503�18.
Kemenag. �Ahlan wa Sahlan Badan Moderasi Beragama.� https://kemenag.go.id. Diakses 8 Mei 2025. https://kemenag.go.id/opini/ahlan-wa-sahlan-badan-moderasi-beragama-zng0rf.
Miftahul, Huda, Rosdiana Mona, Ma�rifah Iffah, dan Yanti Riri. �Perbandingan Pendidikan Islam Di Kota Dan Kabupaten: Studi Komparatif Ma Al-Karimiyah Kota Depok Dan Ma Riyadhul Jannah Kab. Bogor,� 2023.
Nurhidayah, Ai Enung. �Pemberdayaan Guru Madrasah Melalui Pelatihan Metode Pembelajaran Kreatif Berbasis Digital di SMA Muhammadiyah Bayuresmi Garut.� Jurnal Peradaban Masyarakat 3, no. 6 (2023): 238�49.
Patih, Ahmad, Acep Nurulah, Firman Hamdani, dan Abdurrahman Abdurrahman. �Upaya membangun sikap moderasi beragama melalui pendidikan agama Islam dan pendidikan kewarganegaraan pada mahasiswa perguruan tinggi umum.� Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 001 (2023).
Setiawati, Kurnia. �Hijrah Baru Di Kalangan Anak Muda Antara Keshalehan Dan Gaya Hidup.� UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2019.
Zulkhairi, Teuku. Gerakan Santri Aceh Mewujudkan Perubahan. UIN Ar-Raniry, 2023.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##