STRATEGI PENGAWASAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 02 MARISA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengawasan pendidikan oleh kepala sekolah di SMP Negeri 2 Marisa, dengan fokus pada supervisi akademik, evaluasi kinerja guru, serta tantangan dan strategi dalam pelaksanaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menjalankan pengawasan melalui observasi kelas, evaluasi bulanan, serta refleksi pascasupervisi yang dilakukan secara langsung dengan guru. Evaluasi dilakukan secara berkala dan tindak lanjutnya dimonitor untuk memastikan perbaikan dan keberlanjutan. Meskipun terdapat tantangan dalam implementasi Kurikulum Merdeka dan penggunaan sistem penilaian digital, kepala sekolah mampu mengadaptasi pengawasan secara efektif melalui komunitas belajar guru. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui pengawasan yang berkelanjutan dan kontekstual.
Referensi
Sudjana, D. (2010). Supervisi Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Satori, D., & Komariah, A. (2014). Supervisi Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya dalam Pembinaan Profesional Guru. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Sagala, S. (2013). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. (2008). Panduan Teknis Supervisi Akademik. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal PMPTK.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Setiawan, D. (2021). �Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru.� Jurnal Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Vol. 5, No. 1, hlm. 35�45. [https://journal.unesa.ac.id/index.php/JASP/article/view/26751]
Raharjo, S. (2020). �Strategi Kepala Sekolah dalam Pengawasan Pendidikan pada Era Kurikulum Merdeka.� Jurnal Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Vol. 4, No. 2, hlm. 132�140. [https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jksp/article/view/16391]
Usman, H. (2006). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##