MANAJEMEN TATA USAHA DAN KINERJA STAF TATA USAHA DI SMK TI LABBAIKA SAMARINDA

  • Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Universitas Mulawarman, Samarinda

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen tata usaha dan kinerja staf tata usaha di SMK TI Labbaika Samarinda. Fokus utama penelitian ini mencakup tiga aspek, yaitu: proses perumusan visi dan misi sekolah, pengembangan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan, serta implementasi perbaikan berdasarkan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perumusan visi dan misi sekolah dilaksanakan secara partisipatif dengan melibatkan kepala sekolah, guru, komite, dan tenaga kependidikan, serta disosialisasikan secara luas melalui media cetak dan elektronik. Pengembangan profesionalisme staf dilakukan secara berkelanjutan melalui pelatihan internal seperti In-House Training (IHT), khususnya pada awal tahun ajaran baru dan ketika terdapat pembaruan kurikulum. Implementasi perbaikan program berdasarkan evaluasi dilakukan secara rutin melalui rapat bulanan yang melibatkan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan. Evaluasi tersebut menjadi dasar dalam pengambilan keputusan dan perbaikan program kerja sekolah secara berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen sekolah di SMK TI Labbaika telah dijalankan secara sistematis dan adaptif, dengan menekankan pentingnya kolaborasi, profesionalisme, dan evaluasi berkelanjutan sebagai pilar utama peningkatan mutu pendidikan.

Referensi

Agus, Nur Mahenra, Nuraeni Siti, Sulistiana Revana, dan Fauzi Rifqi. �Analisis pengaruh rendahnya sumber daya manusia terhadap ekonomi.� UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2022.

Alfiandy, Iqbal, dan Kautsar Eka Wardhana. �Implementasi Nilai-Nilai Kepemimpinan yang Melayani dalam Pengembangan Karakter Santri di Pesantren Darul Ihsan Samarinda.� Journal of Sustainable Transformation 3, no. 01 (2024): 1�9.

Anggal, Nikolaus, Yohanes Yuda, dan Lorensius Amon. Manajemen Pendidikan: Penggunaan Sumber Daya Secara Efektif Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. CV. Gunawana Lestari, 2020.

Aziz, Mursal, Muhammad Fiqri Alwi, dan Mhd Nuryansah Nugraha. �Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Optimalisasi Sistem Administrasi Pendidikan Di Yayasan Pendidikan Islam An-Nur.� Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 10, no. 2 (2024): 709�21.

Firmansyah, Ahmad, dan Kautsar Eka Wardhana. �Philosophy of Religious Education Management at State Elementary School 002 Kuaro.� Novara: Nusantara Education and Innovation Journal 1, no. 1 (2024).

Hafizin, Hafizin, dan Herman Herman. �Merumuskan visi dan misi lembaga pendidikan.� Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 01 (2022): 99�110.

Hamid, Abdul, M. Pd I. Al Hafiz, M. Pd I. Salamun, Wiwin Windayanti, Moh Masrur, dan M. Pd. Kepemimpinan Pendidikan Dan Perilaku Organisasi Kependidikan. Penerbit Adab, 2023.

Handoko, Yudo, Hansein Arif Wijaya, dan Agus Lestari. Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis untuk Penelitian Administrasi Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

Harapan, Edi, M. Pd, dan Syarwani Ahmad. Komunikasi antarpribadi: Perilaku insani dalam organisasi pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers, 2022.

Jelantik, AA Ketut. Era Revolusi Industri 4.0 Dan Paradigma Baru Kepala Sekolah. Deepublish, 2021.

Kholifasari, Rizqi, Citra Utami, dan Mariyam Mariyam. �Analisis kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari karakter kemandirian belajar materi aljabar.� Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 7, no. 2 (2020): 117�25.

Mardizal, Jonni, dan Nizwardi Jalinus. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Kejuruan. Jonni Mardizal, 2023.

Maulana, Ahmad Khoirudin. �Analisis Manajemen Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di SMAN 8 Depok.� JAKARTA= FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA, t.t.

Mufidah, Zahrotul, Nunuk Hariyati, dan Wiwin Yulianingsih. �Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan.� JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 8, no. 2 (2024): 120�31.

Mulyana, Asep, Cory Vidiati, Pri Agung Danarahmanto, Alfiyah Agussalim, Wiwin Apriani, Fiansi Fiansi, Fitra Fitra, Ni Putu Ari Aryawati, Noorsyah Adi Noer Ridha, dan Lisa Astria Milasari. Metode penelitian kualitatif. Penerbit Widina, 2024.

Negara, Wiwik Sundari Cinta, Endang Wuryandini, dan Rasiman Rasiman. �Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SD negeri Tanjungsari 01 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.� Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah 5, no. 2 (2024): 747�62.

Nurcahyo, Satria Avianda, Sudiyono Sudiyono, Meida Rachmawati, Teguh Harso Widagdo, dan Ahmad Ali. �Strategi Human Capital Development Guna Membangun Sustainable Organization dengan Maqasid Syariah Pada Pegawai Kementrian Agama Kabupaten Semarang.� Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis 2, no. 2 (2024): 60�69.

Rahman, Wahyudin, Rini Hadiyati, La Saudin, dan Sriwanti Belani. �Pelatihan Penerapan Sistem Informasi Manajemen Sekolah Untuk Meningkatkan Layanan Pendidikan Di Era Digital Pada Sekolah SMK Negeri 1 Batui Selatan Kecamatan Batui Kabupaten Banggai.� Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development 5, no. 1 (2025): 76�87.

Wardah, Hayatul. �manajemen kearsipan dalam meningkatkan mutu pelayanan administrasi di SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar.� UIN AR-RANIRY, 2020.
Yani, Juli, dan Fitri Endang Srimulat. Administrasi pendidikan. CV. Tatakata Grafika, 2023.
Diterbitkan
2025-06-12